Ilustrasi konsumsi listrik di kalangan rumah tangga. (Foto: Pixabay)
Ahmad Islamy Jamil

PARIS, iNews.id – Tiga raksasa energi Prancis, yaitu Engie, EDF, dan TotalEnergies mendesak kalangan industri dan rumah tangga agar mulai menghemat listrik, gas alam, dan bahan bakar minyak (BBM) menjelang musim dingin. Seruan itu mereka sampaikan lantaran krisis energi terus membayangi Eropa.

“Energi terbaik adalah yang tidak kita konsumsi. Kita harus mengatasi permintaan energi bersama-sama dengan mengurangi konsumsi sehingga kita memiliki lebih banyak kelonggaran,” kata pemimpin dari tiga perusahaan tersebut dalam artikel bersama untuk mingguan Prancis, Le Journal du Dimanche, Minggu (26/6/2022).

Mereka memperingatkan, mengatasi kekurangan pasokan gas Rusia dan lonjakan harga energi saat ini menjadi tantangan besar bagi hubungan sosial dan politik Prancis.

“Dengan mengambil tindakan pada musim panas ini, kita akan lebih siap menghadapi musim dingin dan terutama melestarikan cadangan gas,” kata mereka. 

“Jadi tidak ada salahnya, (jika kita) menghemat energi berarti meningkatkan daya beli sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca,” ujar para pemimpin Engie, EDF, dan TotalEnergies lagi.

Para eksekutif energi itu mengungkapkan, ada banyak tindakan harus diambil di tingkat Eropa. Mereka pun menyarankan agar Uni Eropa memobilisasi semua sumber daya yang dimiliki untuk menyeimbangkan konsumsi energi di dalam pasar yang saling bergantung dan meningkatkan kohesi di Eropa Tengah dan Timur.



Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT