Sejumlah orang menyaksikan Paus Fransiskus memimpin Doa Angelus dari jendela di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, 25 Oktober 2020. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

VATIKAN, iNews.id – Sebuah mobil menerobos barisan pengamanan polisi di dekat Lapangan Santo Petrus, Kota Vatikan, Minggu (19/6/2022) waktu setempat. Pasukan keamanan di pusat agama Katolik itu pun langsung berada di dalam keadaan siaga tinggi dan melepaskan sebuah tembakan ke arah mobil itu.

Media Italia melaporkan, sang pengemudi mobil adalah seorang pria berusia 39 tahun. Pelaku tak mau berhenti di sebuah pos pemeriksaan di dekat Lapangan Santo Petrus pada Minggu pagi, sehingga polisi Vatikan pun mengejarnya. Seorang petugas lalu melepaskan tembakan ke roda mobil yang kabur itu.

Menurut harian Il Messaggero, mobil jenis BMW itu sempat menabrak kendaraan polisi. Setelah mobil itu berhenti, polisi menangkap sang pengemudi, dan melumpuhkan pelaku dengan menggunakan taser.

Dua polisi dilaporkan terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Surat kabar Corriere della Serra melaporkan, pengejaran terjadi di kawasan yang ramai dengan turis. Mereka sedianya datang ke lokasi itu untuk menghadiri Doa Angelus (Malaikat Tuhan) yang dipimpin paus pada Minggu siang.

Il Messaggero mengatakan, alarm teror juga sempat diaktfikan di Vatikan karena insiden tersebut. Garda Swiss Kepausan (angkatan bersenjata Vatikan yang bertanggung jawab untuk melindungi paus dan wilayah negara kota) untuk sementara menutup gerbang akses ke kota itu, saat aparat melepaskan tembakan.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT