Taiwan kandangkan semua helikopter anti-kapal selam Sikorsky S-70C akibat kecelakaan (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

TAIPEI, iNews.id - Angkatan Laut (AL) Taiwan mengandangkan seluruh helikopter anti-kapal selam Sikorsky S-70C terkait kecelakaan yang melukai empat prajurit. Keputusan ini diambil guna pengecekan keamanan agar kejadian serupa tak terulang.

Helikopter buatan perusahaan pertahanan Amerika Serikat, Lockheed Martin, itu melakukan pendaratan keras dalam insiden terbaru armada militer Taiwan. Dalam pernyataan, AL Taiwan mengungkap kecelakaan terjadi saat latihan di pangkalan Zuoying. Saat ini otoritas Taiwan masih menyelidiki penyebab kecelakaan.

Dalam pernyataan terpisah, kantor kepresidenan menyatakan salah satu kru menderita luka serius dan masih dalam kondisi kritis.

Bulan lalu Angkatan Udara (AU) Taiwan menghentikan latihan penerbangan untuk penerbang baru setelah pesawat latih jatuh, menewaskan pilot. Itu menjadi kecelakaan fatal kedua AU Taiwan sepanjang 2022. 

Taiwan juga mengandangkan F-16 akibat pesawat jatuh ke laut pada Januari, menewaskan pilot. Kemudian pada Maret, tindakan serupa dilakukan terhadap Mirage 2000 yang juga jatuh ke laut saat misi latihan. Namun saat itu pilot berhasil menyelamatkan diri.


Editor : Anton Suhartono

BERITA TERKAIT