Rusia disebut bisa meluncurkan serangan nuklir pada Musim Semi 2023. (Foto: Reuters)
Umaya Khusniah

LONDON, iNews.id - Rusia disebut bisa meluncurkan serangan nuklir pada Musim Semi 2023. Jika Presiden Vladimir Putin nekat melakukannya, maka itu akan menjadi kali pertama senjata nuklir digunakan dalam 77 tahun terakhir sejak Nagasaki dan Hiroshima dibom AS.

Perkiraan ini disampaikan mantan komandan Angkatan Darat Inggris, Sir Richard Barrons seperti dilansir dari Daily Star, Selasa (9/8/2022). Menurutnya, dugaan peluncuran dilakukan waktu musim semi 2023 masuk akal. 

Dengan perang antara Rusia dan Ukraina yang hampir mencapai enam bulan, Putin mungkin merasa perang nuklir diperlukan untuk kemenangan negaranya. Sir Richard menduga, bisa saja pemimpin Rusia itu kini merasa negaranya akan mengalami kekalahan. 

“Ini mungkin menimbulkan risiko lain. Jika Putin merasakan kekalahan, apakah dia akan tergoda untuk menggunakan senjata nuklir taktis untuk mengubah kenyataan di medan perang?" kata Sir Richard yang telah pensiun pada 2016 setelah 39 tahun mengabdi.

Dia menjelaskan, awalnya Putin percaya perang akan berakhir dalam beberapa hari pertama invasi awal pada bulan Februari. Namun hingga saat ini, perang terus berlangsung hampir enam bulan. 

Sir Richard memperingatkan Barat bahwa Putin berpotensi menggunakan senjata nuklir taktis jika dia yakin mengalami stagnasi dalam invasi.


Editor : Umaya Khusniah

BERITA TERKAIT