Roket Rusia menghantam sebuah gedung administrasi regional di Pelabuhan Mykolaiv di selatan Ukraina, Maret lalu. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

WARSAWA, iNews.idPolandia memasok Ukraina dengan senjata yang nilainya mencapai miliaran zloty (nama mata uang Polandia—red). Jumlah itu setara dengan triliunan rupiah.

“Saya dapat mengatakan bahwa kami membicarakan tentang (senjata bernilai) miliaran zloty,” kata Juru Bicara Pemerintah Polandia, Piotr Muller, Kamis (21/4/2022), kepada saluran berita Polsat.

Kantor berita Sputnik melaporkan, Polandia telah mengirim sejumlah senjata ke Ukraina sejak Feburari. Senjata itu antara lain terdiri atas MPADS (sistem pertahanan udara portabel), amunisi, dan drone militer. 

Muller mengatakan, Warsawa sedang mempertimbangkan untuk membuka catatan tentang pengeluaran bantuan militernya ke publik. Keinginan itu muncul setelah para kritikus mempertanyakan seberapa besar sesungguhnya dukungan yang diberikan Warsawa untuk Ukraina.

Rusia melancarkan operasi militer khusus di Ukraina sejak 24 Februari. Operasi itu sebagai tanggapan atas permintaan Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) kepada Moskow, agar memberikan mereka perlindungan terhadap serangan intensif oleh pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Tindakan militer Rusia itu mendapat perlawanan sengit dari Ukraina.


Editor : Ahmad Islamy Jamil

BERITA TERKAIT