Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyiapkan sejumlah langkah mencegah penurunan tanah(Foto: Istimewa)
Komaruddin Bagja Arjawinangun

JAKARTA, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut daratan Jakarta bakal tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. Sejumlah antisipasi dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menggandeng banyak pihak untuk mencegah hal itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut sudah mengupayakan antisipasi penyedotan air tanah. Salah satu caranya dengan pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM. 

"Kami bersama PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam," katanya, Sabtu (31/7/2021).

Selain itu, Pemprov DKI juga terus berupaya mengentaskan banjir rob yang kerap melanda Utara Jakarta. "Kami terus menyiapkan program agar ROB di Jakarta Utara bisa diatasi. Jadi Insya Allah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi," tuturnya.

Joe Biden diketahui sebelumnya menjelaskan, dengan naiknya permukaan air laut, maka topografi pesisir Jakarta saat ini sebagian sudah di bawah permukaan laut. 

Biden mengatakan dalam 10 tahun kedepan kemungkinan tenggelam secara permanen itu bukan isapan jempol. Terlebih saat ini wilayah Jakarta juga tanahnya terus mengalami penurunan tanah atau land subsidence.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT