JAKARTA, iNews.id - Contoh soal MOOC PPPK 2024 berikut ini bisa jadi referensi belajar peserta di rumah. Terlebih lagi setiap pegawai PPPK harus mendapatkan pembelajaran dan pengembangan kompetensi agar bertugas secara maksimal.
MOOC sendiri merupakan singkatan dari Massive Open Online Course. Program ini dibuat sebagai salah satu tahapan yang harus ditempuh oleh seorang PPPK sebelum diangkat menjadi ASN.
Adapun, kompetensi MOOC PPPK ini merupakan suatu kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku calon ASN dalam kegiatan sehari-harinya.
Melansir berbagai sumber, Kamis (31/1/0/2024), contoh soal MOOC PPPK 2024 yang bisa dijadikan referensi belajar.
1. Suatu panduan atau pegangan yang harus dipatuhi oleh para pelayan publik atau birokrat untuk menyelenggarakan pelayanan yang baik untuk publik merupakan pengertian dari:
A. Etika pelayanan publik
B. Etika pemerintahan
C. Norma dasar PNS
D. Hak dan kewajiban PNS
Jawaban: A.
2. Berapa lama masa kerja minimum PNS sebelum dapat pensiun?
A. 10 tahun
B. 20 tahun
C. 25 tahun
D. 30 tahun
Jawaban: B
3. Apa fungsi utama dari Inspektorat Jenderal dalam sebuah kementerian?
A. Mengelola keuangan
B. Melakukan pengawasan internal
C. Menyusun kebijakan
D. Memberikan pelatihan
Jawaban: B
4. Siapa yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan rekrutmen CPNS?
A. Presiden
B. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
C. Kepala BKN
D. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
Jawaban: D
5. Apa singkatan dari PNS?
A. Pegawai Negeri Sipil
B. Pegawai Nasional Sipil
C. Pegawai Negeri Sejahtera
D. Pegawai Nasional Sehat
Jawaban: A
6. Apakah tugas utama dari ASN?
A. Membuat kebijakan pemerintah
B. Melayani masyarakat
C. Mengatur keuangan negara
D. Melakukan pengawasan
Jawaban: B
7. Apa tujuan dari Sistem Informasi ASN (SIASN)?
A. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas ASN
B. Mengurangi jumlah ASN
C. Meningkatkan pendapatan ASN
D. Mempermudah pengangkatan ASN
Jawaban: A
8. Apa saja komponen dalam Sistem Manajemen Kinerja ASN?
A. Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan penghargaan
B. Rekrutmen, pelatihan, promosi, dan pemecatan
C. Pengawasan, penilaian, pengembangan, dan pensiun
D. Perencanaan, pengawasan, evaluasi, dan disiplin
Jawaban: A
9. Apa saja hak-hak yang dimiliki oleh ASN?
A. Gaji, tunjangan, cuti, dan pensiun
B. Gaji, promosi, bonus, dan mobil dinas
C. Tunjangan, cuti, pelatihan, dan sertifikasi
D. Gaji, tunjangan, pinjaman, dan penghargaan
Jawaban: A
10. Apa kewajiban utama ASN dalam melaksanakan tugasnya?
A. Melakukan pekerjaan dengan profesional
B. Mengikuti setiap perintah atasan
C. Mendapatkan pelatihan secara rutin
D. Menjaga kerahasiaan informasi
Jawaban: A
11. Apa yang dimaksud dengan “jabatan fungsional”?
A. Jabatan yang berhubungan dengan fungsi tertentu
B. Jabatan yang berkaitan dengan administrasi
C. Jabatan yang bersifat struktural
D. Jabatan yang memerlukan keahlian khusus
Jawaban: D
12. Apakah yang dimaksud dengan “e-government”?
A. Sistem pemerintahan elektronik
B. Pemerintahan yang efisien
C. Sistem manajemen keuangan negara
D. Pemerintahan yang transparan
Jawaban: A
13. Apa tujuan dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)?
A. Menjaga aset negara
B. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas
C. Mengurangi jumlah pegawai
D. Meningkatkan pendapatan pemerintah
Jawaban: B
14. Apakah yang dimaksud dengan “disiplin kerja”?
A. Kepatuhan terhadap aturan dan standar kerja
B. Peningkatan kinerja pegawai
C. Pengawasan terhadap kinerja ASN
D. Penghargaan kepada ASN berprestasi
Jawaban: C
15. Berikut ini beberapa indikator yang menunjukkan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif kecuali:
A. Fleksibilitas
B. Agilitas
C. Responsif
D. Status quo
Jawaban: D.
16. Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai:
A. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi
B. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk negara
C. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk pimpinan
D. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk kepentingan pribadi
Jawaban: B.
17. “Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya mansuia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar, “ adalah prinsip…
A. Akuntabel
B. Berkeadilan
C. Aksesibel
D. Efektif dan Efisien
Jawaban: A
18. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan, dicontohkan dengan?
A. Mampu akan dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan
B. Mengerjakan apa pun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya
C. Siap sedia 24 jam kapanpun dan di mana pun dibutuhkan oleh masyarakat.
D. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore.
Jawaban:A
19. Pendekatan WOG merupakan respons dari paradigma:
A. Public Administration
B. New Public Management
C. Governance
D. Digital Government
Jawaban: B.
20. Bagi seorang ASN, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap:
A. Pimpinan
B. Pekerjaan
C. Profesi
D. NKRI
Jawaban: D.
21. Secara etimologis, istilah loyal diadaptasi dari bahasa Perancis yaitu loyal yang artinya:
A. Mutu dan sikap patuh
B. Mutu dan sikap taat
C. Mutu dan sikap setia
D. Mutu dan sikap hormat
Jawaban: C.
22. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip:
A. Akuntabel
B. Berkeadilan
C. Aksesibilitas
D. Efektivitas
Jawaban: A.
23. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah:
A. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder
B. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder
C. Personal, individu, kelompok, organisasi, negara, stakeholder
D. Personal, individu, kelompok, pimpinan, organisasi, stakeholder
Jawaban: B.
24. Pilihlah pernyataan yang paling tepat:
A. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, dan etika
B. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya
C. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal
D. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok
Jawaban: A.
25. Panduan perilaku loyal menjaga rahasia jabatan dan negara yang terkait dengan kewajiban ASN adalah:
A. Menjaga kerahasiaan yang menyangkut kebijakan negara
B. Memberikan informasi secara benar dan tidak menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan
C. Menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
D. Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika yang luhur
Jawaban: C.
26. Siapakah yang bertanggung jawab atas pembinaan ASN di Indonesia?
A. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
B. Presiden
C. Kepala BKN
D. Menteri Dalam Negeri
Jawaban: A
27. Apakah yang dimaksud dengan PPPK?
A. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja
B. Pegawai Pemerintah dengan Pendapatan Khusus
C. Pegawai Pemerintah dengan Prestasi Kerja
D. Pegawai Pemerintah dengan Penghargaan Kerja
Jawaban: A
28. Berikut ini yang bukan merupakan asas dalam penyelenggaraan ASN adalah?
A. Asas Kepastian Hukum
B. Asas Akuntabilitas
C. Asas Kecepatan
D. Asas Profesionalitas
Jawaban: C
29. Apa tujuan utama dari reformasi birokrasi di Indonesia?
A. Mengurangi jumlah pegawai negeri
B. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik
C. Meningkatkan pendapatan ASN
D. Mengurangi anggaran pemerintah
Jawaban: B
30. Siapakah yang mengangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS)?
A. Presiden
B. Kepala BKN
C. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
D. Menteri Dalam Negeri
Jawaban: A
31. Apakah fungsi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)?
A. Membina pegawai non-ASN
B. Mengatur kebijakan kepegawaian
C. Mengelola administrasi PNS
D. Menyusun anggaran negara
Jawaban: C
32. Apa yang dimaksud dengan “kompetensi” dalam konteks ASN?
A. Keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan
B. Sikap dan perilaku kerja yang baik
C. Pengalaman kerja di bidang yang sama
D. Sertifikasi profesional
Jawaban: A
33. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah:
A. Masyarakat sebagai wajib pajak
B. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah
C. Masyarakat sebagai elemen adanya negara
D. Masyarakat sebagai penerima layanan
Jawaban: D.
34. Sesuai Permenpan RB nomor 38 tahun 2017 tentang standar jabatan ASN bahwa setiap ASN perlu memiliki tiga jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu:
A. Teknis, kepemimpinan, dan sosial kultural
B. Tugas, manajerial, dan sosial kultural
C. Teknis, manajerial, dan sosial kultural
D. Teknis, leadership, dan sosial kultural
Jawaban: C.
35. Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai di bawah ini:
A. Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan
B. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan
C. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaan yang merupakan keharusan
D. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan
Jawaban: C.
36. Apa singkatan dari ASN?
A. Aparatur Sipil Negara
B. Aparat Sipil Nasional
C. Aparatur Sehat Nasional
D. Aparatur Sipil Negeri
Jawaban: A
37. UU yang mengatur tentang ASN adalah?
A. UU No. 5 Tahun 2014
B. UU No. 25 Tahun 2009
C. UU No. 12 Tahun 2011
D. UU No. 6 Tahun 2014
Jawaban: A