Pelabuhan Merak malam hari terpantau ada peningkatan aktivitas. (Foto MNC Portal).
Iqbal Dwi Purnama

JAKARTA, iNews.id - Memasuki arus balik lebaran 2022, kondisi Pelabuhan Merak pada malam hari terpantau ada peningkatan aktivitas bongkar muat kapal. Akses keluar pelabuhan mulai dipenuhi antrean kendaraan yang hendak kembali pulang setelah mudik lebaran 2022.

Pantauan MNC Protal, Kamis (5/5/2022) pukul 23.40 WIB, kendaraan yang keluar tersebut diketahui hasil bongkar muat kapal melalui beherapa dermaga di Pelabuhan Merak. Meski demikian peningkatan aktivitas kendaraan di pelabuhan tersebut belum mengakibatkan kemacetan yang cukup parah.

Hal tersebut disebabkan kemungkinan dari frekuensi kapal yang datang ke Pelabuhan Merak tidak sekaligus dalam waktu sama, sehingga memberikan jeda waktu dari bongkar muat pada kapal yang sebelumnya.

Misalnya setelah terjadi peningkatan volume kendaraan melalui bongkar muat kapal pada Dermaga 1 dan 2, lalin lintas di dalam pelabuhan mulai mengalami penurunan. Namun tak lama berselang, puluhan kendaraan kembali turun dari kapal yang berada di dermaga 4 dan 5.

Hal tersebut yang juga membuat akses keluar dari Pelabuhan Merak tidak menggambarkan kemacetan yang cukup parah karena adanya peningkatan volume penumpang tersebut.

Jenis kendaraan yang terlihat terpantau masih didominasi oleh kendaraan-kendaraan pribadi, mulai dari mobil hingga sepeda motor. Namun beberapa kali juga sempat terlihat bus-bus, maupun truk logistik.

Sebelumnya Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memperkirakan arus balik lebaran 2022 mulai malam hari ini hingga puncak bakal terjadi pada akhir pekan.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT