Menlu Retno Marsudi menegaskan Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina. (Foto: Ist)
Dominique Hilvy Febiani

JAKARTA, iNews.id - Media Israel menyebut Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken mengangkat gagasan terkait kemungkinan normalisasi diplomatik antara Indonesia dan Israel dengan sejumlah pejabat senior Indonesia. Hal ini turut disoroti oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah. 

Dia mengatakan gagasan terkait isu Israel tersebut sempat dibahas oleh Menlu Blinken saat menemui Menlu Retno di Jakarta pekan lalu.

“Isu israel muncul disampaikan oleh Menlu Blinken pada pertemuan dengan Menlu RI saat kunjungan ke Jakarta,” kata Faizasyah kepada MNC (24/12/2021).

Dia menekankan Indonesia menyongsong dukungan terhadap Palestina dan berkomitmen untuk terus menghapuskan setiap penjajahan. “Menlu RI sampaikan posisi konsisten Indonesia terhadap Palestina bahwa Indonesia akan terus bersama rakyat Palestina memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan,” katanya.

Dilansir dari media Israel yakni axios.com yang mengatakan para pejabat Israel menilai Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia yang menjadi peluang bagi Israel dan AS untuk melakukan normalisasi hubungan. Namun para pejabat Israel menekankan bahwa tidak ada langkah seperti itu dalam waktu dekat.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT