Fungsi Iklan, Pengertian, Jenis dan Tujuannya

Puti Aini Yasmin
Ilustrasi iklan

JAKARTA, iNews.id - Iklan menjadi bagian penting dalam ilmu komunikasi. Namun, tahukan kamu apa fungsi iklan? Berikut pengertian, fungsi dan tujuannya lengkap.

Iklan adalah teknik untuk mempromosikan sesuatu produk kepada masyarakat. Melansir buku 'Arif Teman Berlatih dan Belajar Cerdas' terbitan Gramedia Widiasarana Indonesia, kalimat yang digunakan dalam iklan adalah kalimat yang menarik atau yang mengajak pembaca untuk mengikuti apa yang ditulis.

Apa Fungsi Iklan?

Fungsi iklan adalah menciptakan kesadaran (awareness), menanamkan informasi, mengembangkan sikap atau adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan.

Sementara itu, ada dua jenis fungsi iklan yakni fungsi internasional dan fungsi transforsional. Fungsi iklan internasional adalah iklan memberitahu kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang bakal diperoleh

Kemudian, fungsi iklan transforsional adalah iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, dan teknik-teknik mencapai kesuksesan.

Editor : Puti Aini Yasmin
Artikel Terkait
Nasional
3 hari lalu

Hendri Satrio Kritik BNPB soal Penanganan Bencana Sumatra: Komunikasi Tidak Baik

Nasional
23 hari lalu

Presenter iNews Media Group Jadi Dosen Praktisi di Prodi Komunikasi MNC University

Nasional
1 bulan lalu

MNC University Jajaki Kerja Sama Sertifikasi Profesi Marketing dengan IMA DKI Jakarta

Nasional
2 bulan lalu

Hadiri Rakernas Perindo, Raffi Ahmad Sebut Komunikasi Jadi Kunci Capai Kesuksesan

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal