Presiden Jokowi menegaskan kunci pertumbuhan ekonomi saat ini adalah dengan menurunkan kasus Covid-19. (Foto: Biro Setpres)
Fahreza Rizky

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakinkan kepala daerah bahwa perekonomian bisa membaik apabila tren kasus Covid-19 mengalami penurunan. Karena itu, dia ingin daerah serius mengatasi pandemi ini.

"Coba kita lihat perkembangan kasus harian di negara kita. Kita pernah mencapai tinggi itu di Februari awal, kemudian menuju ke Mei Itu turun, turun, turun, turun, turun, dan itu kalau turun itu pasti diikuti oleh perbaikan ekonomi," ujarnya saat memberikan arahan untuk Forkopimda se-Jawa Timur sebagaimana dilihat dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/8/2021).

Dia mencontohkan pertumbuhan ekonomi nasional melejit pada kuartal II-2021 hingga 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy). Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur melesat hingga 7,05 pada kuartal II-2021. Menurut Jokowi capaian positif itu disebabkan oleh menurunnya kasus Covid-19.

"Ekonomi naik, naik, naik, naik, naik di kuartal kedua. Sampai Gubernur Jawa Timur 7,05, nasional 7,07,  karena apa kasusnya turun," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu menegaskan kunci pertumbuhan ekonomi saat ini adalah dengan menurunkan kasus Covid-19. Jika kasusnya bisa diatasi maka dengan sendirinya perekonomian akan terkerek naik.

"Kunci pertumbuhan ekonomi sekarang ini adalah menurunkan kasus Covid," katanya.



Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT