Ilustrasi Pembukaan Pidato
puti aini yasmin

JAKARTA, iNews.id - Pembukaan pidato menjadi salah satu unsur penting dalam penyusunan naskah. Agar semakin paham, ini salam contoh pembukaan pidato singkat yang bisa dicoba.

Pembuka Naskah Pidato?

Melansir buku 'Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia' terbitan Grasindo, pembuka pidato yang baik adalah pembuka yang menarik, tidak panjang dan ada hubungannya dengan isi pidato. Banyak cara yang bisa digunakan untuk membuka pidato, seperti mengucapkan rasa syukur, dan memperkenalkan diri.

Selain itu, pembicara juga bisa memilih pembuka pidato dengan menyampaikan cerita yang sesuai, menyampaikan pengalaman yang ada hubungannya dengan isi pidato hingga menyampaikan gambaran umum dari isi pidato. Semua dapat dipilih salah satu atau menggabungkannya.

Contoh Kalimat Pembuka Pidato

  • 1. Assalamualaikum wr wb
  • 2. Salam sejahtera
  • 3. Hadirin yang saya hormati
  • 4. Bapak, ibu, dan hadirin yang saya hormati

Contoh Pembukaan Pidato Singkat

Bapak/Ibu wakil orang tua siswa yang saya hormati, Bapak/Ibu guru yang saya hormati, dan para siswa yang saya banggakan, selamat siang.

Dulu, gedung perpustakaan di sekolah kita ini amat sederhana. Selain ruang baca tidak ada, ruang penyimpanan buku sempit sehingga buku ditumpuk-tumpuk campur aduk. Akibatnya, petugas mengalami kesulitan mencari buku yang akan dipinjam siswa. Pelayanan menjadi sangat lambat sehingga siswa banyak kehilangan waktu.

{lanjut isi pidato hingga penutup}

Nah, semoga paham penjelasan, contoh pembukaan pidato di atas ya!


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT