Ilustrasi Dokter
puti aini yasmin

JAKARTA, iNews.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan segera membuka prodi kedokteran. Lulusannya pun akan ditempatkan di wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Menurut Rektor Unnes, Fathur Rokhman pembukaan prodi kedokteran di Unnes diharap bisa menghasilkan dokter unggul serta andal. Bahkan, ia akan menyiapkan dokter yang siap mengabdi di daerah 3T sehingga bermanfaat bagi pemerataan distribusi dokter.

“Ini menjadi bagian penting UNNES sebagai Rumah Ilmu Pengembangan Peradaban yang mendukung pendirian pendidikan kedokteran dalam mengawal kualitas Pendidikan Kedokteran,” kata dia dikutip dari laman resmi Unnes, Senin (25/4/2022).

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa saat ini pihaknya telah mencari partner rumah sakit pendidikan hingga sumber daya spesialis untuk bekerja sama menyiapkan prodi kedokteran. 

“Intinya UNNES telah menyiapkan berbagai hal, tempat untuk Prodi Kedokteran, SDM seperti dan Dokter yang siap untuk mengajar,” ujar dia.

Sementara itu, Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya menyambut baik rencana pembukaan prodi kedokteran di Unnes. Pihaknya pun siap memberikan rekomendasi kepada Unnes karena telah berkomitmen menempatkan lulusannya di wilayah manapun yang membutuhkan.

“Kementerian Kesehatan menyambut baik dan memberikan rekomendasi kepada UNNES untuk pembukaan prodi kedokteran,” tutur dia.



Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT