Wakil Presiden Ma`ruf Amin menyebut kecepatan vaksinasi harus digenjot lebih dari 2 juta per hari.. (Foto ist).
Dita Angga

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa masih perlu kerja keras untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Hal ini didasarkan pada capaian vaksinasi per 3 Oktober yang masih belum signifikan.

“Sampai dengan tanggal 3 Oktober 2021, secara nasional vaksinasi dosis pertama mencapai 45,03% dan untuk dosis kedua 25,29%. Artinya masih diperlukan kerja keras untuk mencapai herd immunity 70% cakupan vaksinasi pertama dan kedua,” katanya dalam acara di acara Seminar Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-30 dan Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Polri Dikreg ke-61 Tahun Ajaran 2021, Rabu (6/10/2021).

Maruf mengatakan bahwa berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, rata-rata vaksinasi harian per minggu telah mencapai 1,4 juta dosis per hari.

“Dengan kecepatan vaksinasi tersebut, diperkirakan masih dibutuhkan 7 bulan dari sekarang atau sekitar pertengahan tahun 2022 untuk mencapai cakupan 70%,” ujarnya.

Namun jika ingin menuntaskan target vaksinasi pada akhir tahun 2021 maka kecepatan vaksinasi harus digenjot lebih dari 2 juta per hari.

“Bila kita menginginkan proses vaksinasi selesai pada akhir tahun 2021 ini juga, maka kecepatan vaksinasi perlu ditingkatkan menjadi 2,5 juta vaksinasi per hari,” pungkasnya.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT