Wapres Ma`ruf Amin di acara Haornas 2022 (dok. Setwapres)
Binti Mufarida

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak agar terus menggelorakan olahraga. Wapres pun menegaskan tidak ada hari tanpa berolahraga.

“Bahwa kita akan memang menggelorakan memang akan menggelorakan olahraga, tidak ada hari yang tidak olahraga,” tegas Wapres usai menghadiri puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tahun 2022, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (9/9/2022).

Wapres mengatakan untuk menggelorakan olahraga harus dibangun kolaborasi di tingkat pusat semua terlibat, bahkan semua menteri harus terlibat dalam gerakan ini.

“Kemudian juga kolaborasi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan pemerintah daerah harus menganggarkan untuk olahraga dan juga menggerakkan olahraga di daerah,” katanya.

Wapres mengatakan dengan menggelorakan olahraga dari hulu hingga hilir akan bisa mencetak prestasi-prestasi. “Dan kita memang ingin mencetak dari hulu sampai ke hilir, dari hulunya itu kesegaran, kebugaran, hilirnya adalah prestasi,” katanya.

Bahkan, kata Wapres, pemerintah akan membangun ekosistem olahraga diantaranya sport science center di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

“Jadi, ini memang sudah didesain sedemikian rupa karena itu kita ingin akan melakukan upaya-upaya penelitian atau verifikasi kementerian mana yang tidak melakukan kegiatan seperti sudah ditugaskan dan pemerintah daerah mana yang masih belum melakukan pembinaan olahraga,” katanya. 


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT