DEPOK, iNews.id - Fungsi karburator (carburetor) pada motor-motor zaman sekarang sudah digantikan dengan teknologi injeksi (fuel injection). Meski begitu, masih banyak motor yang mesinnya menggunakan sistem pengabutan karburator.
Mekanik bengkel Beji's Motor, Haeva Rendra mengemukakan, karburator memiliki fungsi sangat vital pada motor. Komponen ini bertugas dalam sistem pengabutan (pemasukan bahan bakar ke dalam silinder).
Fungsinya mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap, mengatur perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban kecepatan motor, serta mencampur bahan bakar dan udara secara merata.
Jika, komponen ini bermasalah, jangan heran jika motor sulit dihidupkan atau bahkan mati total karena asupan bahan bakar ke sistem pengapian mesin tidak lancar.
Jika karburator motor sudah rusak seiring usia pakai, sebaiknya diganti dengan yang baru. Ini agar asupan bahan bakar pada motor bisa maksimal, tidak boros, tersendat atau mogok di jalan.
Bagaimana membedakan karburator asli dan palsu? "Sepintas memang karburator asli dan palsu tidak ada bedanya. Terkadang kita bisa tertipu lantaran mereknya sama," ujar Haeva, saat berbincang ringan dengan iNews.id, Selasa (16/10/2018).
Pria yang akrab disapa Ole ini mencontohkan karburator bermerek Mikuni. Untuk membedakan karburator Mikuni yang asli dan palsu beberapa hal harus diperhatikan.
"Kalau yang asli ada kode 26-nya, sedangkan karburator palsu enggak ada. Settingan-nya juga enakan yang ori," katanya.
Dia menyebutkan, untuk mengetahui karburator asli dan palsu juga bisa dibedakan dari segi warna. "Dari warna bodi karbu kalau yang asli agak burem, tidak terlalu bening. Kalau yang palsu bodinya lebih terang," ujar Ole.
Menurutnya, finishing karburator juga bisa menjadi salah satu indikator pembeda. Bahan yang digunakan pada karburator palsu cenderung kasar, sementara produk asli konturnya terasa halus.