Alasan KTM Hanya Gunakan Mesin 1 Silinder pada Beberapa Model

Riyandy Aristyo
KTM menilai motor-motor satu silinder yang dipasarkan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. (Foto: Gaadi)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa keunikan yang terdapat pada produk-produk motor KTM di Indonesia. Misalnya, Duke dan RC yang ditawarkan dengan mesin 200, 250, dan 390 cc. Di mana motor tersebut masing-masing memakai mesin satu silinder.

"Kenapa KTM pakai satu silinder? Soalnya jumlah minimum silinder membuatnya ringan di putaran bawah. Power to weight ratio," ujar owner dealer KTM Kalimalang, Effendy Hidajat saat ditemui iNews.id, baru-baru ini.

Dia menuturkan apa yang disuguhkan KTM dalam jumlah silinder untuk motor-motor yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

"Kalau mau cari tenaga di putaran bawah, itu pas. Coba saja. Lagi pula, saat dibawa di jalur padat seperti Jakarta, mau kejar top speed bagaimana," katanya.

Dia menambahkan, saat KTM mencoba naik kelas dengan meluncurkan KTM 790 atau satu level di bawah Super Duke, mereka hanya memasukkan mesin dua silinder. Untuk motor lain, kapasitas itu bisa menggunakan 3 sampai 4 silinder.

"Dengan minimnya silinder, ruang mesin jadi lebih lega, sehingga lebih cepat mendinginkan mesin setelah motor dipakai," ujar Effendy.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
All Sport
1 bulan lalu

Rumor VR46 hingga Honda? Acosta Tetap Tenang dan Fokus Pada KTM

All Sport
5 bulan lalu

Pedro Acosta Jadi Rebutan MotoGP 2027, VR46 Akui Tak Mudah Bersaing

All Sport
6 bulan lalu

Pedro Acosta Ogah Bayangkan Gabung Ducati, Meski KTM Masih Belum Kompetitif

All Sport
11 bulan lalu

Enea Bastianini Blak-blakan Bongkar Kelemahan KTM RC16

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal