JAKARTA, iNews.id - Pabrikan mobil mewah Jerman, BMW Group mencetak rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah di Indonesia. BMW yang telah berdiri sejak 2001 membukukan penjualan 3.742 unit pada 2022.
Raih ini meningkat 21 persen dibandingkan penjualan tahun sebelumnya (2021) sebanyak 3.102 unit. Penjualan tersebut terdiri atas 3.023 unit kendaraan merek BMW dan 719 unit merek MINI.
Ini merupkan pertumbuhan penjualan sebesar 24.2 persen (year-on-year) bagi BMW dan 7,5 persen (year-on-year) bagi MINI.
“BMW Group Indonesia meraih rekor angka penjualan yang luar biasa pada 2022. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan mitra strategis kami – sebuah kebanggaan dan awal yang baik untuk tahun 2023," ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan dalam keterengan persnya dilansir Jumat (13/1/2022).
"Setelah pandemi Covid-19 yang penuh tantangan bagi industri otomotif Indonesia, BMW menutup tahun dengan pertumbuhan 21 persen (year-on-year) dan 24.2 persen untuk brand BMW. Angka penjualan ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia," katanya.
Pertumbuhan luar biasa ini juga didorong rangkaian peluncuran kendaraan terbaru yang menarik – dimulai dengan All-New BMW Seri 2 Gran Coupé, BMW X3, serta model kendaraan performa tinggi BMW X3 M dan BMW X4 M, dan lainnyai. Total, BMW Indonesia meluncurkan 20 model kendaraan terbaru sepanjang 2022, termasuk di dalamnya kendaraan listrik BMW i4 dan BMW iX.
Penjualan tertinggi dicetak sedan BMW paling legendaris Seri 3 sebanyak 576 unit, tumbuh 19 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Disusul seri X, yaitu BMW X3 (489 unit), BMW X5 (449 unit), BMW X1 (392 unit).
BMW Seri 5 (Sedan dan Touring) mencetak penjualan 294 unit. Sedan provokatif rakitan lokal terbaru, BMW 218i Gran Coupé terjual 251 unit di tahun pertama peluncurannya. BMW M3 dan M4 sebanyak 136 unit. Model termewah BMW Seri 7 mencetak penjualan 84 unit, meningkat 29 persen dari total penjualan tahun lalu.