JAKARTA, iNews.id - Chery mengungkapkan saat mendatangkan crossover Omoda 5, perusahaan melakukan riset panjang guna memahami karakter konsumen di Indonesia. Hasilnya, mayoritas konsumen mobil ini masuk dalam kategori emotional buyer.
"Pada tipe konsumen seperti ini, yang pertama kali mereka lihat adalah desain. Menurut konsumen, mobil bukan sekadar alat transportasi, tetapi bagi mereka sudah menjadi lifestyle untuk menunjang penampilan mereka," ujar Sales Director PT Chery Sales Indonesia (CSI), Rendi Radito di GJAW 2023, Minggu (12/3/2023).
Survei berikutnya, lanjut Rendi, memahami respons konsumen terhadap Omoda 5. Di sini, CSI ingin mengetahui tanggapan mengenai fitur-fitur yang dimiliki Omoda 5 dan menganalisis kesesuaian dengan survei terdahulu.
"Dari 350 orang yang disurvei, CSI mendapatkan tiga fitur teratas yang paling disukai konsumen. Untuk Omoda 5, konsumen menyukai fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS), Sunroof, dan 360° Camera. Selain itu para konsumen menggemari fitur lain seperti, Super Large Screen 20,5 inch dengan Smartphone Link. Menariknya, calon konsumen didominasi Gen Z," katanya.
Rendi menuturkan berbagai survei telah dilakukan untuk memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar dari sebuah brand otomotif. Kemudian, didapatkan hal-hal apa saja yang diharapkan konsumen dari SUV crossover premium.
"Di awal kehadirannya konsumen Omoda 5 sekitar 60 persen membeli mobil secara cash. Sisanya 40 persen secara kredit," ujar Rendi.
Chery Omoda 5 menjadi penantang baru pasar SUV crossover lima penumpang di Indonesia. Mobil yang dibanderol Rp329,8 juta sampai Rp399,8 juta tersebut menjadi pesaing Honda HR-V, Hyundai Creta dan model mobil lain di segemen yang sama.