JAKARTA, iNews.id - Bagi pengguna kendaraan motor atau mobil lawas penting memahami istilah serta cara kerja spuyer, main jet dan pilot jet di karburator. Seperti apa itu?
Setting main jet dan pilot jet memiliki istilah lain, yaitu setting spuyer. Kata spuyer sendiri berasal dari bahasa Belanda 'Spujer' yang berarti semprotan.
Main jet dan pilot jet berfungsi menyemprotkan bahan bakar di dalam karburator. Bagaimana cara kerjanya?
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara kerja spuyer, main jet dan pilot jet di karburator kendaraan:
Spuyer
Bicara spuyer perlu dipahami istilah Jetting. Ini adalah proses penyesuaian di karburator untuk menyetel kombinasi bensin dan udara yang dibutuhkan di ruang bakar
Proses jetting melibatkan penggantian pilot jet atau main jet serta penyetelan ulang sekrup gas dan udara di karburator.
Sementara spuyer mengacu pada pilot jet atau main jet yang bisa diganti ukuran besar lubangnya mengikuti kebutuhan mesin.
Main Jet
Main jet adalah komponen tambahan pada karburator kendaraan untuk mengatur jumlah bahan bakar yang nantinya dicampur dengan udara bersih dan kemudian dibakar. Komponen ini juga sering disebut jarum skep karena ukurannya terbilang kecil dan menyerupai jarum yang mengerucut ke bawah.
Menggunakan main jet, komposisi bahan bakar dapat disesuaikan kebutuhan pengendara. Semakin banyak jumlah bahan bakar yang tercampur dengan udara bersih pada ruang bakar, maka tenaga yang dihasilkan mesin pun semakin besar. Hasilnya, mobil bisa melaju lebih cepat.