Market Share Naik 1,5 Persen, Berikut Pencapaian Toyota di 2019

Dani M Dahwilani
Menjelang akhir 2019, Toyota meraih peningkatan market share sebesar 1,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 32 persen. (Foto: Dok/Toyota)

JAKARTA , iNews.id - Di tengah tahun yang penuh tantangan bagi industri otomotif, PT Toyota Astra Motor (TAM) meraih beberapa pencapaian positif sepanjang 2019. Mulai dari peluncuran produk baru, inovasi layanan after sales, hingga raihan penjualan.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengemukakan, untuk penjualan, Toyota meraih peningkatan market share sebesar 1,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 32 persen. Di mana pada 2018 market share Toyota sebesar 30,8 persen.

"Ini sesuai prediksi saya yang disampaikan tahun lalu. Saat ditanya, waktu itu saya bilang minimum sama dengan 2018, yakni sekitar 30,8 persen. Jadi 2019 kita tutup dengan market share 32 persen," ujarnya di Jakarta.

Henry menuturkan kesuksesan ini tidak lepas dari pencapaian positif dari produk andalannya, seperti Avanza dan Rush. Avanza ejak versi minor change pada awal 2019 ternyata sambutannya cukup tinggi. Demikian pula dengan model baru Toyota Rush penjualannya meningkat.

Masing-masing, market share Avanza dari 28 persen naik menjadi 34 persen, dan market share Rush tumbuh dari 42 persen menjadi 54 persen. "Ini tidak lepas dari strategi memberikan nilai lebih melalui desain yang fresh serta strategi price yang bisa diterima masyarakat," katanya.

Tahun ini, Toyota juga melengkapi jajaran mobil hybridnya, yakni untuk C-HR, Camry, dan Corolla. "Total penjualan model hybrid selama 10 tahun sudah lebih dari 2.400 unit. Paling penting, tahun ini penjualan hybrid per bulan naik lima kali lipat. Meski masih kecil, tapi per bulannya sudah di atas 50 unit. Ini baik," ujar Henry.

Di samping itu, Toyota juga telah menghadirkan layanan after sales melalui teknologi digital. Terbaru mereka meluncurkan mobile apps bernama mToyota. Kehadiran layanan ini melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada, seperti official website, berbagai akun social media, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant TARRA.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
16 hari lalu

12 Mobil Terlaris November 2025, Penjualan  Wholesale Tembus 74.252 unit!

Mobil
21 hari lalu

Menguji Batas Irit Veloz Hybrid, Begini Perjalanan dengan Deretan Mobil xEV Toyota di Lombok

Mobil
22 hari lalu

Menjajal Deretan Mobil Sport Toyota GR di Sirkuit Mandalika: Antara Adrenalin, Performa dan Stabilitas

Mobil
23 hari lalu

Gunakan Bahan Daur Ulang, Toyota Rehabilitasi Bangun Toilet Umum

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal