Era kendaraan ramah lingkungan, Isuzu tampil sebagai salah satu produsen mobil bermesin diesel paling siap menerapkan standar Euro 4. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

Paling Siap, Isuzu Pendobrak Kendaraan Berstandar Euro 4

Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id - Menghadapi regulasi menuju era kendaraan ramah lingkungan, Isuzu tampil sebagai salah satu produsen mobil bermesin diesel paling siap menerapkan standar Euro 4. Bahkan, mereka telah meriset dan mengembangkan mesin yang cocok dengan emisi Euro 4.

"Prinsipnya kami sebagai produsen akan mengikuti peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Penyesuaian mencakup ambang batas gas buang sampai penggunaan bahan bakar nabati sesuai dengan regulasi pemerintah," ujar Departemen Head Prototype and Test Departement PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Harmoko Setyawan di Jakarta.

Kesiapan Isuzu menghadapi standar emisi Euro 4 dan B30 dibuktikan dengan jaminan Teknologi Common Rail pada mesin Isuzu Giga yang sudah kompatibel. Isuzu mendorong standar emisi Euro 4 segera diterapkan di Indonesia karena negara-negara lain sudah mengimplementasikannya.

Bahkan, dalam pameran Giicomvec 2020, Isuzu mengkampanyekan #EURO4READY. Di mana seluruh unit Isuzu siap menerapkan standar emisi Euro 4 yang akan dilaplikasikan pada 2021.

"Isuzu sudah sangat siap menghadapi regulasi pemerintah mengenai Euro 4. Karena kami sudah menggunakan mesin berstandar Euro 4 sejak 2011, yakni engine common rail pada Isuzu Giga," ujar President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ernando Demily.

Selain kesiapan produk dan kampanye Euro 4, layanan purnajual bagi perusahaan juga penting. Salah satunya dari sisi kemampuan mekanik dalam menangani teknologi baru tersebut.

Diketahui, roadmap pemerintah dalam mengatur ambang batas gas buang telah tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan standar emisi Euro 4. Sosialisasi standar bahan bakar Euro 4 terus dilakukan, khususnya untuk kendaraan bermesin diesel yang akan berlaku mulai 7 April 2021.


Editor : Dani Dahwilani

BERITA TERKAIT