Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak, Ini Penyebabnya

Riyandy Aristyo

DEPOK, iNews.id - Bicara ban motor banyak hal yang menarik untuk diulas. Kali ini, mengenai  anggapan ban belakang lebih cepat gundul dibanding dengan ban depan. Benarkah demikian?

"Pernyataan ban belakang lebih cepat gundul dibandingkan ban depan, itu benar. Teknisnya, sekitar 60 persen bobot kendaraan berada di ban belakang," ujar Ucok Marbun, pemilik outlet ban Vidici Tire Shop saat berbincang-bincang dengan iNews.id, Rabu (11/4/2018).

Dia mengatakan bobot kendaraan meliputi mesin, rangka, beban pengendara dan penumpang di bagian belakang. Tak heran, bila daya tekan roda belakang lebih besar dibandingkan roda depan.

Selain bobot kendaraan, ternyata suhu panas yang dihasilkan dari knalpot dapat mengakibatkan ban belakang cepat gundul. Ditambah dengan kondisi jalan raya yang panas.

"Logikanya, posisi knalpot itu berdekatan dengan ban belakang. Jika knalpot dalam suhu panas, kemudian mengenai ban yang berbahan karet, sudah pasti berpengaruh ke kualitas ban tersebut," jelas Ucok.

"Satu lagi adalah seringnya menggunakan rem belakang. Tekanan dan gesekan ban dengan permukaan jalan terutama ketika rem mendadak menjadikan ban belakang cepat aus dan botak," tandas Ucok.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Aksesoris
2 bulan lalu

Melantai di IMOS 2025, Swallow Pamerkan Teknologi Ban Baru

Aksesoris
2 bulan lalu

Ban Mobil Botak Sebelah, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Motor
3 bulan lalu

Jangan Tunggu Kempis, Ini Pentingnya Periksa Tekanan Angin Ban

Aksesoris
8 bulan lalu

Zeneos Kembangkan Ban Ionity Bisa Digunakan Motor Listrik, Intip Spesifikasinya

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal