JAKARTA, iNews.id - Berbagai jenis sepeda motor baru maupun konsep dipamerkan dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, pada 31 Oktober - 4 November 2018. Mereka hadir mulai dari segmen skutik hingga motor sport.
Salah satunya Yamaha FreeGo. Skutik terbaru ini dianggap menjadi kasta paling tinggi untuk skuter matik bermesin 125 cc milik produsen berlogo garpu tala ini.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Betty mengungkapkan target penjualan FreeGo sebanyak 10.000 unit per bulan. Pengiriman FreeGo ke seluruh Indonesia akan dimulai pada November dan untuk penjualan ekspor di ASEAN direncanakan mulai tahun depan.
"Posisi model skutik ini masuk di harga Rp18,5 juta - Rp22 juta atau lebih tinggi dibanding seri Yamaha Soul GT," kata Betty.
Dia memprediksi penjualan Yamaha tahun ini bisa naik 10 persen. Adapun tahun lalu penjualan Yamaha telah mencapai 1,3 juta unit.
Kawasaki juga memperkenalkan model sport terbarunya, yaitu Kawasaki ZX-6R model 2019. Deputy Head Sales & Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Michael Chandra Tanadhi mengatakan, Kawasaki ZX-6R hanya tersedia satu warna, yakni hijau dan dibanderol seharga Rp299 jutaan mulai tersedia November 2018.
"Untuk motor ZX-6R hanya 30 unit per tahun. Karena pasarnya di global maupun di Indonesia tidak begitu banyak," kata Michael.
Selain itu, Kawasaki juga mengeluarkan motor sport Kawasaki Ninja 250 untuk model tahun 2019. Ditargetkan model ini bisa mencapai penjualan 8.000 unit per tahun.
Sementara PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis GSX-R150 ABS. Varian ini menjadi model tertinggi di keluarga GSX-R.
Sales Marketing 2W Departement Head SIS, Yohan Yahya mengatakan, penyematan anti-lock braking system (ABS) pada GSX-R150 menjadi bentuk kepedulian Suzuki terhadap keamanan dan keselamatan penggunanya. "Target penjualan mencapai 300 unit -400 unit per bulan," kata Yohan.
Berbeda dengan ketiga pabrikan yang meluncurkan produk baru, Astra Honda Motor (AHM) memilih untuk tidak meluncurkan produk baru di ajang dua tahunan tersebut.
Sebagai gantinya, AHM memamerkan model konsep dan model impor yang tidak untuk dijual. "Kami tidak fokus ke motor baru. Fokus kami memperkenalkan semua varian, kedua beberapa produk konsep dan studi kami," ujar Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya.
Di lantai pamer AHM memamerkan dua model konsep, yaitu PCX bertenaga listrik murni dan skutik Project G. PCX listrik itu sudah diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017, sedangkan Project G tampil di Indonesia.