Saingi Honda, KTM Ciptakan Transmisi Semi-otomatis untuk Motor Touring

Ismet Humaedi
Sistem kerja dari transmisi tersebut nantinya memanfaatkan kopling sentrifugal untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. (Foto: MCN)

JAKARTA, iNews.id- KTM dikabarkan sedang menyiapkan transmisi semi-otomatis untuk mesin LC8 berkapasitas 1.301cc V-Twin. Teknologi seperti ini sudah dipakai Honda lebih dulu dengan nama dual-clutch transmision (DCT). Lantas, apa perbedaannya?

Dikutip dari Motorcyclenews, Minggu (28/5/2023), teknologi transmisi semi-otomatis yang disematkan pada motor KTM lebih langsung. Tak seperti DCT milik Honda yang cukup rumit dan berat karena membutuhkan sistem elektronis dan hidrolis.

Transmisi semi-otomatis punya KTM tersebut akan digunakan pada mesin LC8 1.301cc V-Twin yang sudah digunakan pada KTM 1290 Super Adventure dan 1290 Super Duke GT. 

Sistem kerja dari transmisi tersebut nantinya memanfaatkan kopling sentrifugal untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. Ini yang membuat kopling berfungsi saat putaran mesin di atas idle dan memungkinkan berhenti tanpa harus tekan kopling.

Lalu, saat motor berjalan dibantu sistem up-down quickshifter dan blipper yang membuat penggunanya tidak perlu tarik kopling lagi saat ganti gigi. Sistem transmisi tersebut diklaim lebih hemat dari biaya dan bobot, meski memang tak sehalus dengan transmisi DCT milik Honda.

Selain itu, berbeda dari transmisi manual pada umumnya, saat motor masuk gigi dan mesinnya mati, roda tetap bisa berputar. Lalu, sistem transmisi serupa biasanya pabrikan lain menyiapkan rem parkir. Namun, KTM memberikan inovasi lain dengan menyiapkan sistem pengunci di transmisi (parking lock) untuk mencegah motor meluncur saat kondisi parkir. 

KTM menyematkan electric actuator yang memindahkan shift drum. Teknologi tersebut membuat pengendara lebih praktis saat melakukan penggantian gigi karena bisa melalui tombol yang dipasang ke setang atau full otomatis.

Editor : Ismet Humaedi
Artikel Terkait
All Sport
30 hari lalu

Rumor VR46 hingga Honda? Acosta Tetap Tenang dan Fokus Pada KTM

All Sport
5 bulan lalu

Pedro Acosta Jadi Rebutan MotoGP 2027, VR46 Akui Tak Mudah Bersaing

All Sport
6 bulan lalu

Pedro Acosta Ogah Bayangkan Gabung Ducati, Meski KTM Masih Belum Kompetitif

All Sport
10 bulan lalu

Enea Bastianini Blak-blakan Bongkar Kelemahan KTM RC16

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal