Agya Mendominasi, Market Share Toyota September Naik Jadi 32 Persen

Dani M Dahwilani
Toyota membukukan penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 29.821 unit dengan market share naik menjadi 32 persen pada September 2018. (Foto: TAM for iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Toyota membukukan penjualan dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 29.821 unit dengan pangsa pasar (market share) naik menjadi 32 persen pada September 2018. Angka ini meningkat dibanding bulan sebelumnya yang membukukan market share 30,5 persen.

“Dalam dua bulan terakhir, konsumen terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian kendaraan. Kami bersyukur, market share Toyota pada September ini meningkat menjadi 32 persen,” ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto dalam keterangan persnya kepada iNews.id, Rabu (24/10/2018).

Pertumbuhan pangsa pasar tersebut berasal dari segmen hatchback, MPV dan SUV. Di segmen hatchback, total penjualan pada September mencapai 2.789 unit, di mana kontribusi terbesar berasal dari penjualan Agya 2.437 unit, atau berkontribusi sekitar 87,4 persen dari total penjualan hatchback Toyota.

“Di segmen entry hatchback kelas 1.200 cc, market share Agya mencapai lebih dari 61 persen. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc,” kata Soeryo.

Toyota Agya hadir sebagai kendaraan dengan kualitas global (global quaility standard), dan didukung jaringan layanan purnajual yang tersebar luas, membuat Agya banyak diminati masyarakat. Durability kendaraan yang memiliki pilihan mesin 1.200 cc ini juga sudah teruji di berbagai lomba motorsport. Bersama Toyota Team Indonesia (TTI), Agya tercatat berulang kali menduduki posisi juara lomba motorsports nasional, termasuk berhasil tampil secara mengesankan pada ajang Asia Auto Gymkhana Competition.


Selain segmen entry hatchback, penjualan di segmen MPV pada September mencapai 17.767 unit sehingga semakin memperkuat posisi Toyota sebagai market leader dengan pangsa naik menjadi 46,1 persen dibanding bulan sebelumnya 43,63 persen.

Penyumbang terbesar berasal dari penjualan Avanza yang mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6 persen dari total MPV, disusul dengan Kijang Innova yang berkontribusi 29,1 persen.

Untuk segmen SUV, penjualan pada September tercatat 7.929 unit. Dua andalan Toyota di segmen ini, yaitu Rush dan Fortuner berhasil meraih kinerja mengesankan seperti terlihat pada peningkatan pangsa pasar.

Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit dan membukukan market share 44,8 persen. Di segmen high SUV, Fortuner juga mengalami pertumbuhan pangsa yang lebih signifikan. Penjualan 2.093 unit, pangsa pasar Fortuner pada September sudah mencapai 42,6 persen, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 37,4 persen.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
6 hari lalu

Insentif Dongkrak Penjualan Mobil Hybrid, Cek Faktanya

Mobil
12 hari lalu

Bawa 4 Brand, Intip Deretan Mobil Baru dan Konsep Toyota di JMS 2025

Mobil
20 hari lalu

Toyota Klaim Mobilnya Sudah Bisa Tenggak Etanol 10 Persen sejak 2010

Mobil
23 hari lalu

Toyota Bakal Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Ini Bocorannya!

Mobil
26 hari lalu

Toyota Ekspor Perdana ke Brunei pada 1987, Ini Mobil Pertama yang Mereka Kirim

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal