TOKYO, iNews.id - Tahun 70-an merupakan eranya mobil sedan fullsize bertampang gahar. Salah satunya adalah Mazda Roadpacer AP yang dijual untuk pasar Jepang antara 1975 hingga 1977.
Dilansir dari Cars Guide, Rabu (26/8/2020), menariknya, tampilan mobil ini mirip dengan Holden HJ Premier. Ini karena Mazda Roadpacer AP lahir dari kolaborasi Mazda dengan Holden.
Meski bentuknya sama, namun dari segi performa kedua mobil tersebut jauh berbeda. Di jantung pacu Roadpacer AP tersemat sebuah mesin rotary 13B Series yang mampu menghumburkan tenaga hingga 130 hp dan torsi 138 Nm.
Kemampuan mesin rotary itu juga dirasa tidak pas dengan bobot mobil. Walaupun mampu memuntahkan tenaga dan torsi besar, itu harus diraih pada putaran tinggi. Sementara di putaran bawah, tenaganya sangat 'payah', bahkan cenderung boros bahan bakar.
Selain boros, harga Roadpacer cukup mahal, kira-kira dua kali lipat dari Mazda Cosmo dan Luce. Hasilnya, mobil ini terpaksa dihentikan produksinya dan sepanjang kariernya hanya terjual 800 unit.
Kendati demikian, Mazda Roadpacer kini menjadi salah satu mobil Jepang yang sangat langka. Dalam pengadaaanya, mobil ini dikirim utuh dari Australia tanpa mesin ke Jepang. Kemudian dijejali mesin rotary di pabrik Mazda.
Saat itu, Mazda menempatkan Roadpacer untuk bersaing dengan sedan papan atas Jepang, seperti Toyota Century, Nissan Presiden, Isuzu Stateman DeVille dan Mitsubishi Debonair.