Daniel Petruxxi (9) terus dibuntuti Valentino Rossi (46) di GP Spanyol, Minggu (6/5/2018). (Foto: Dok. Pramac Racing)
Fitradian Dhimas Kurniawan

JEREZ, iNews.id - Pembalap tim MotoGP Movistar Yamaha Valentino Rossi tidak puas dengan performa Yamaha YZR-M1 di Grand Prix (GP) Spanyol, Minggu (6/5/2018). Rossi meminta tim mekanik segera  bekerja untuk meningkatkan kuda besi yang ditungganginya.

Rossi harus puas finis kelima di GP Spanyol. Hasil tersebut didapat usai duo Ducati Andrea Dovizioso-Jorge Lorenzo, serta rider Repsol Honda Dani Pedrosa mengalami kecelakaan.

“Saya mengakhir balapan di posisi kelima. Saya cukup senang tapi itu bukan kabar bagus karena tiga pembalap di depan mengalami kecelakaan. Tanpa kecelakaan, saya mungkin hanya finis di posisi kedelapan,” kata Rossi di laman resmi tim Movistar Yamaha.

Pembalap asal Italia itu mengaku motor yang digunakan jauh lebih cepat daripada Yamaha M1 edisi 2017. Hanya saja, versi 2018 belum cukup tangguh mengalahkan pembalap lain untuk meraih podium.

“Kami sudah mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada. Sayang, performa motor tidak dapat ditingkatkan. Saya lebih cepat ketimbang tahun lalu, tetapi itu saja belum cukup untuk merebut podium,” ujarnya.

Rider 39 tahun itu lantas meminta tim berbenah untuk meningkatkan performa motor. Karena itu, Rossi beserta rombongan tetap berada di Jerez untuk menjalani uji coba, Senin (7/5/2018).

“Jika menginginkan podium, Yamaha harus mempercepat proses pengembangan,” ujar mantan rider Ducati itu.

Selama uji coba, Rossi fokus pada sistem elektronik yang tertanam di tunggangannya. Dia menilai bagian tersebut perlu diperbaiki untuk mendukung performa mesin.

“Banyak yang harus dikerjakan. Kami mencoba sejumlah solusi. Ban Michelin sudah sangat bagus tetapi saya lebih mengutamakan perangkat mekanis lain khususnya elektronik,” ucapnya.

Pemegang tujuh kali juara MotoGP itu merasa Yamaha YZR-M1 2018 masih membutuhkan sejumlah penyempurnaan. Upaya tersebut harus segera terselesaikan agar Yamaha Movistar dapat bersaing dengan tim lain. Tetapi, Rossi sadar penyempurnaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Motor sudah bagus tetapi butuh pembenahan. Saya tahu perlu waktu tetapi Yamaha harus 100 pesen mengatasi masalah sesegera mungkin,” kata Rossi.


Editor : Achmad Syukron Fadillah

BERITA TERKAIT