Kento Momota. (Foto: BWF)
Fitradian Dhimas Kurniawan

TOKYO, iNews.id – Pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota positif Covid-19. Kondisi ini membuat tim bulu tangkis Jepang mundur dari Thailand Open 2021 dan World Tour Final 2020 mendatang. Seluruh anggota tim pun harus menjalani isolasi.

Seperti dikabarkan NHK, Minggu (3/1/2021), Momota positif virus corona ketika menjalani PCR, jelang keberangkatan ke Bangkok, Thailand. Sebagai langkah pencegahan, Asosiasi Bulu Tangkis Jepang pun membatalkan pengiriman atletnya.

Padahal seharusnya Momota beserta atlet Jepang lainnya bertolak ke Bangkok pada Minggu malam. Kemudian mereka berencana untuk menjalani isolasi di Bangkok.

Turnamennya sendiri seharusnya dimulai pada Selasa (12/1/2021). Tetapi, karena Momota mengikuti pelatihan bersama atlet lainnya di Tokyo sebelum keberangkatan, tidak ada pilihan selain membatalkan pemberangkatan atlet Jepang.

Sebagai konsekuensi, para atlet Jepang juga tidak akan turut serta di World Tour Final 2020. Rencananya, ajang itu juga bakal berlangsung di Thailand pada 27 Januari mendatang.

Jepang menjadi negara kedua yang memutuskan mundur dari Thailand Open 2021 dan World Tour Final 2020. Sebelumnya, China juga memutuskan mundur karena kekhawatiran serupa.

Dengan begitu, ini akan menjadi pewrtama kalinya ajang penutup tahun (World Tour Final) berlangsung tanpa China dan Jepang. Sementara Indonesia dan Malaysia dipastikan bakal berangkat


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT