Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (Foto: Twitter @MotoGP)
Fitradian Dhimas Kurniawan

AALST, iNews.id - Tim MotoGP Repsol Honda memastikan pembalap andalannya, Marc Marquez absen pada Grand Prix (GP) Republik Ceko, Minggu (9/8/2020). Dia akan digantikan penguji coba Honda, Stefan Bradl.

Sebelumnya Marquez mengalami kecelakaan di GP Spanyol, Minggu (19/7/2020), sehingga lengannya cedera. Tim medis yang dipimpin Dr Xavier Mir memasang pelat titanum untuk membantu memulihkan kondisi tulang di lengan sang pembalap.

Namun, pelat itu mengalami kerusakan dan Marquez harus menjalani operasi susulan. Oleh sebab itu, dia harus dipinggirkan pada GP Republik Ceko, dan Honda memanggil Bradl sebagai pengganti.

“Setelah Marc Marquez menjalani operasi kedua pada lengan lengan kanannya, HRC memutuskan sang juara dunia tidak akan balapan di Republik Ceko. Hal itu dilakukan agar dia bisa memulihkan diri. Sebagai penggantinya, Honda telah memanggil Stefan Bradl,” bunyi pernyataan di laman resmi Honda, Selasa (4/8/2020).

Dipanggilnya Bradl bukan tanpa alasan. Dia bakal diminta untuk membantu mengembangkan motor, selama kondisi Marquez tidak memungkinkan untuk mengendarai motor.

Belum lagi GP Republik Ceko merupakan awal dari tiga balapan secara beruntun. Pasalnya, mereka akan balapan di GP Austria, Minggu (16/8/2020), dan juga GP Styria sepekan kemudian.

Jika cedera Marquez tak kunjung pulih, maka dia berpeluang besar tidak akan bisa mengikuti dua balapan itu juga. Dengan begitu, dia akan semakin tertinggal dalam perburuan gelar juara dunia musim ini. Sebab saat ini dia belum memiliki poin dan ada di posisi 22 klasemen.


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT