JAKARTA, iNews.id – Saat mengolah data yang berjumlah banyak, gunakan cara mengunci kolom atau baris di Excel untuk mempermudah pengerjaan. Berikut ini caranya.
Mengunci kolom atau baris dilakukan dengan tujuan agar kolom atau baris yang dikunci tersebut dapat tetap tampak meskipun kamu melakukan scroll pada area kerja yang lain.
Selain mampu mempermudah, adanya kolom atau baris yang dikunci dapat menyingkat waktu pengerjaan karena kamu tidak perlu kembali ke kolom atau baris tertentu saat sedang menggulirkan area kerja yang lain. Oleh sebab itu, terapkan penguncian kolom atau baris di Excel berikut ini.
1. Cara mengunci kolom pertama
- Buka file Excel yang ingin diedit.
- Pilih Windows Group pada tab View.
- Klik Freeze Top Column.
- Kolom pertama pada file akan terkunci.
2. Cara mengunci baris pertama
- Buka file Excel yang ingin diedit.
- Pilih Windows Group pada tab View.
- Klik Freeze Top Row.
- Baris pertama pada file akan terkunci.