Cara Mengunci Kolom atau Baris di Excel

Inas Rifqia Lainufar
Cara Mengunci Kolom atau Baris di Excel (Foto: Microsoft)

JAKARTA, iNews.id – Saat mengolah data yang berjumlah banyak, gunakan cara mengunci kolom atau baris di Excel untuk mempermudah pengerjaan. Berikut ini caranya. 

Mengunci kolom atau baris dilakukan dengan tujuan agar kolom atau baris yang dikunci tersebut dapat tetap tampak meskipun kamu melakukan scroll pada area kerja yang lain.

Selain mampu mempermudah, adanya kolom atau baris yang dikunci dapat menyingkat waktu pengerjaan karena kamu tidak perlu kembali ke kolom atau baris tertentu saat sedang menggulirkan area kerja yang lain. Oleh sebab itu, terapkan penguncian kolom atau baris di Excel berikut ini.

Cara Mengunci Kolom atau Baris di Excel

1. Cara mengunci kolom pertama

- Buka file Excel yang ingin diedit.

- Pilih Windows Group pada tab View.

- Klik Freeze Top Column.

- Kolom pertama pada file akan terkunci.

2. Cara mengunci baris pertama

- Buka file Excel yang ingin diedit.

- Pilih Windows Group pada tab View.

- Klik Freeze Top Row.

- Baris pertama pada file akan terkunci.

Editor : Dini Listiyani
Artikel Terkait
Internasional
15 hari lalu

Microsoft Pecat 2 Pegawai gara-gara Desak Putuskan Hubungan Perusahaan dengan Israel

Internet
2 bulan lalu

Terjadi Lagi, Microsoft PHK 9.000 Karyawan demi AI

Gadget
2 bulan lalu

Microsoft Resmi Stop Blue Screen of Death, Ini Penggantinya

Internasional
3 bulan lalu

Rudal Iran Gempur Israel! Hantam Kantor Microsoft dan Pangkalan Militer

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news