Cara Transfer Riwayat Chat WhatsApp dari iPhone ke Samsung  (Foto: Unsplash)
Intan Rakhmayanti Dewi

JAKARTA, iNews.id - Pengguna WhatsApp di iOS atau iPhone sekarang bisa transfer riwayat chat ke ponsel Samsung. Dalam blognya, WhatsApp mengatakan fitur memindahkan chat antar sistem operasi telah lama diminta oleh pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan riwayat chat WhatsApp-nya saat berpindah ponsel dari iPhone ke Android. "Pentransferan riwayat ini dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui WhatsApp, termasuk untuk pesan suara, foto, dan video," tulis WhatsApp.

Bagi yang ingin menggunakan fitur ini wajib memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan. Pertama perangkat iPhone setidaknya harus memiliki WhatsApp iOS versi 2.21.160.17 atau lebih baru dan ponsel Samsung baru harus memiliki WhatsApp Android versi 2.21.16.20 atau lebih baru.

Perangkat Samsung harus menginstal aplikasi Samsung SmartSwitch versi 3.7.22.1 atau yang lebih baru. Selain itu, pengguna WhatsApp harus menggunakan nomor telepon yang sama seperti yang digunakan pada perangkat lama. 

Pengguna Samsung akan membutuhkan kabel USB Type-C ke lightning untuk melakukan transfer ini. Berikut ini cara migrasi dari iPhone ke Samsung

1. Nyalakan perangkat Samsung Anda dan hubungkan dengan kabel ke iPhone ketika diminta.
2. Pindai kode QR yang ditampilkan pada perangkat baru menggunakan kamera iPhone.
3. Ketuk Mulai pada iPhone, dan tunggu hingga proses selesai.
4. Lanjutkan menyiapkan perangkat Samsung baru Anda.
5. Saat berada di layar beranda, buka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan pada perangkat lama Anda.
6. Ketuk Impor ketika diminta, dan biarkan proses selesai.
7. Selesaikan aktivasi perangkat baru dan Anda akan melihat chat Anda.


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT