JAKARTA, iNews.id - Memasuki era teknologi digital, berbagai layanan kini dapat dilakukan dengan mudah melalui mobile (seamless). Termasuk pada layanan kesehatan di rumah sakit.
Seperti yang dilakukan Garda Medika. Mereka mengembangkan layanan booking konsultasi dokter di rumah sakit melalui fitur Express Appointment pada Garda Mobile Medcare, yaitu Express Discharge. Fitur ini memungkinkan peserta dapat langsung pulang setelah konsultasi dengan dokter. Dalam satu klik, proses pembayaran dan permintaan pengantaran obat dapat dilakukan dengan mudah di handset.
Maximiliaan Agatisianus, President Director Asuransi Astra mengatakan, kehadiran Express Discharge memungkinkan peserta dapat langsung pulang usai melakukan konsultasi dokter. Standar proses yang seharusnya dilakukan, seperti antre di kasir untuk mengonfirmasi pembayaran serta menunggu obat di farmasi, semuanya dapat diselesaikan melalui Express Discharge. Bahkan, obat akan diantar sesuai dengan alamat yang ditentukan.
“Ketika masuk di industri ini, kami sadar bahwa yang dimaksud dengan perlindungan kesehatan bukanlah sekedar membayar klaim berobat peserta, namun yang jauh lebih penting adalah memberikan pengalaman akses layanan kesehatan yang baik dan mendukung proses pengobatan serta pemulihan peserta," ujarnya, dalam press conference di Jakarta, Rabu (13/11/2025).
"Kami harap inovasi Express Discharge melalui aplikasi Garda Mobile Medcare dapat diterima dengan baik dan menjawab kebutuhan pengguna terhadap layanan rawat jalan yang seamless dan terdigitalisasi,” kata Maximiliaan Agatisianus.
Express Discharge, melengkapi fitur pada aplikasi Garda Mobile Medcare, yaitu E-card, E-claim, E-consultation, dan Express Appointment. Layanan mobile ini didukung 4.990 jaringan provider, antara lain rumah sakit, klinik, optik, dan apotek, yang tersebar di 79 kota di Indonesia serta layanan darurat 24 jam.