JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pelaku usaha memanfaatkan internet sebagai penguat bisnis ekonomi kreatif mereka. Terlebih, pengguna internet di Indonesia saat ini sudah di angka lebih dari 215 juta orang.
Mengasah kemampuan berbisnis di media sosial, terbukti bisa meningkatkan omzet dan juga brand awareness di masyarakat. Pada akhirnya, bisnis pun jalan dan bisa dikenal banyak orang.
Pendekatan digital ini bisa berupa konten di media sosial maupun digital marketing. Karena itu, Kemenparekraf menggelar pelatihan berbasis kompetensi, yaitu menjadi kreator konten dan ilmu mengenai digital marketing bagi pelaku ekonomi kreatif di Banyuwangi, Jawa Timur.
"Kami menemukan korelasi yang sangat kuat antara konten-konten yang viral dengan penjualan yang meningkat. Hampir semua bisa menjadi kreator konten dan hari ini 100 pelaku ekraf dari Banyuwangi kami ikutkan dalam pelatihan tentang kreator konten dan digital marketing," kata Menteri Parekraf Sandiaga Uno.