JAKARTA, iNews.id - Natal dan Tahun Baru menjadi momen bagi wisatawan untuk liburan ke berbagai destinasi wisata. Ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, baik itu wisata domestik dan juga internasional.
Apalagi di penghujung tahun 2022, Traveloka menghadirkan program Promo Akhir Tahun Dadakan yang akan berlangsung dari 19 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.
Program Promo Akhir Tahun ini menawarkan diskon hingga 50 persen untuk seluruh produk Traveloka seperti pilihan aktivitas liburan dan atraksi, akomodasi, juga transportasi, baik di destinasi domestik maupun internasional.
Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka mengatakan, liburan akhir tahun merupakan perpaduan berbagai momentum seperti libur sekolah, mudik, istirahat akhir tahun maupun kesempatan bagi konsumen untuk berkumpul bersama keluarga.
"Memahami keberagaman kebutuhan serta peningkatan minat bepergian pada momentum ini, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumen dengan meluncurkan program promosi spesial akhir tahun," kata Shirley melalui keterangannya, dikutip Kamis (22/12/2022).
Perlu diketahui, Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pergerakan mobilitas masyarakat pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 - 2023 akan mencapai 22,4 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau setara 60,6 juta orang.
Hal ini juga sejalan dengan data internal Traveloka yang menunjukkan, minat berwisata akhir tahun pengguna terus meningkat baik destinasi domestik maupun internasional. Traveloka mencatat jelang akhir tahun 2022, pada Desember 2022 terdapat peningkatan transaksi pada pengguna transportasi darat sebesar 70 persen dibandingkan dengan awal tahun 2022.
"Kami juga melihat adanya peningkatan pemesanan pesawat sebesar 11 persen pada Desember 2022 untuk destinasi domestik dibandingkan dengan bulan lalu, serta peningkatan 6 kali lipat untuk destinasi internasional pada periode libur akhir tahun dibandingkan dengan tahun lalu," katanya.
Dia menjelaskan, Traveloka juga mengamati terdapat peningkatan minat pada sejumlah destinasi domestik favorit dari konsumen pada kota-kota besar seperti Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Jakarta.
Sedangkan untuk destinasi internasional favorit, di antaranya Singapura, Malaysia dan Thailand. Geliat industri pariwisata yang terus melonjak turut mendorong minat konsumen terhadap aktivitas di luar ruangan seperti atraksi wisata. Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan produk atraksi wisata Traveloka Xperience naik hingga 30 persen pada Desember jelang libur akhir tahun dibandingkan bulan lalu.