3 Desa di Aceh Barat Daya Direndam Banjir, Warga Bertahan di Rumah

Antara ยท Kamis, 31 Januari 2019 - 18:50 WIB
3 Desa di Aceh Barat Daya Direndam Banjir, Warga Bertahan di Rumah

Ilustrasi banjir di Kabupaten Aceh Barat Daya. (Foto: Dok)

BANDA ACEH, iNews.id – Tiga desa atau gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, dilanda banjir, Kamis (31/1/2019). Bencana ini terjadi menyusul hujan deras yang terus mengguyur sehingga Sungai Krueng Manggeng meluap. Namun, warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Tiga desa yang terendam banjir, yakni Sejahtera, Tokoh, dan Blang Manggeng di Kecamatan Manggeng. “Banjir terjadi pagi tadi sekitar pukul 6.20 WIB hingga 8.30 WIB, akibat Sungai Manggeng meluap di daerah hulu,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh.

Ahmad mengatakan, sedikitnya ada 35 kepala keluarga(KK) di tiga gampong menjadi korban terdampak karena rumah mereka terendam air mencapai setinggi lutut orang dewasa.

BACA JUGA:

Banjir Pati Meluas hingga Rendam 7 Kecamatan, Ribuan Warga Diungsikan

Banjir Kepung Bandara Juanda Surabaya, Arus Lalu Lintas Dialihkan    

Tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat Daya, dan pimpinan BPBK setempat langsung turun ke lokasi banjir untuk melakukan pendataan awal dan memberikan pertolongan pertama bagi korban.

“Kami memastikan korban jiwa tidak ada. Untuk tenda di lokasi pengungsian belum berdiri, karena tidak ada yang menjadi pengungsi," kata Ahmad.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh menyatakan, cuaca buruk akibat hujan kategori lebat mulai berkurang di Aceh belakangan ini. “Memasuki Januari 2018, banjir dan tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi telah berkurang,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Aceh, Zakaria Ahmad.

Wilayah Aceh saat ini sedang memasuki masa peralihan cuaca dari musim penghujan menuju kemarau. Hingga berakhir Januari 2019, BMKG memprediksi di provinsi paling Barat Indonesia bakal dilanda cuaca panas dengan suhu udara maksimal rata-rata di siang hari sekitar 31 derajat Celcius.

“Memang kemarin sempat terjadi puting beliung di Bener Meriah dan banjir di Aceh Tenggara. Masa peralihan baru terjadi di bulan depan (Februari),” katanya.


Editor : Maria Christina