Kampanye di Lhoksumawe, Jokowi Pastikan Dana Otsus Aceh Diperpanjang

Abdul Rochim · Selasa, 26 Maret 2019 - 19:13 WIB
Kampanye di Lhoksumawe, Jokowi Pastikan Dana Otsus Aceh Diperpanjang

Capres nomor urut 01 Joko Widodo di kampanye terbuka Lhoksumawe, Aceh, Selasa (26/3/2019). (Foto: istimewa).

LHOKSUMAWE, iNews.id, – Kedatangan capres nomor urut 01 Joko Widodo menjadi magnet bagi warga Lhoksumawe, Aceh. Sejak pagi, ribuan orang telah menunggu kehadiran capres petahana itu tiba.

Sepanjang perjalanan sejauh 30 km dari Bandara Malikussaleh, Lhoksumawe ke lokasi kampanye di Hotel Lido Graha, Jokowi yang didampingi Iriana Joko Widodo dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dielu-elukan masyarakat. Mereka meneriakkan nama ‘Jokowi’ dan berupaya untuk berswafoto.

Di lokasi kampanye, Jokowi menjawab harapan warga dengan sapaan ramah dan pidato optimism. Jokowi menuturkan, untuk mempercepat pembangunan di provinsi ujung Pulau Sumatera ini, dana otonomi khusus (otsus) bagi Aceh akan diperpanjang.

"Dengan demikian, Aceh akan menjadi simbol kemajuan di Indonesia bagian barat. Pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera menjadi urat nadi agar potensi komoditas, ekonomi rakyat, dan sumber daya alam bisa dinikmati rakyat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Aceh. Saya ingin Aceh juga ikut menjadi bagian untuk mewujudkan fondasi menuju Indonesia maju," ucap Jokowi, Selasa (26/3/2019).


Dalam kampanye selama 25 menit itu, Jokowi menerangkan banyak hal. Mulai dari permintaan agar warga Aceh tidak percaya dengan berita bohong atau hoaks dan rencana pembangunan infrastruktur di Aceh.

BACA JUGA: Tiba di Lhoksumawe, Jokowi Disambut Selawat Badar

Jokowi juga mengenalkan tiga kartu yang siap diluncurkan, yakni Kartu Sembako Murah, Kartu Indonesia Pintar untuk kuliah, dan Kartu Prakerja akan menjadi sarana untuk mewujudkan Aceh yang maju.

"Oleh karenanya, selain infrastruktur, kami akan bangun sumber daya manusia di Aceh melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pendidikan, dan lapangan pekerjaan. Saya optimistis, dengan perhatian maksimal yang diberikan pemerintah, maka kemajuan di Aceh akan dirasakan semua rakyat," ucapnya.

Usai pertemuan itu dengan masyarakat, ulama dan tokoh partai pendukung berakhir, Jokowi dan istri, beserta rombongan menuju Bandara Malikussaleh untuk terbang melanjutkan kampanye di Dumai, Riau.

Dalam perjalan menuju bandara, Jokowi dan rombongan menyempatkan singgah untuk makan siang di Warung Bamboo, jalan Medan-Banda Aceh, Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.


Editor : Zen Teguh