Rekapitulasi Pilpres, Prabowo - Sandiaga Unggul di 21 Daerah Jabar

Agung Bakti Sarasa, Sindonews ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 10:52 WIB
Rekapitulasi Pilpres, Prabowo - Sandiaga Unggul di 21 Daerah Jabar

Capres Prabowo Subianto saat menemui warga. (Foto: Dok iNews).

BANDUNG, iNews.id - Pasangan calon nomor urut 02 unggul di Provinsi Jawa Barat. Dari 27 kabupaten/kota di daerah tersebut, Prabowo - Sandiaga sukses meraih kemenangan di 21 kabupaten/kota.

Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi, KPU Jabar mencatat Prabowo-Sandi meraih 16.077.446 suara. Sedangkan, pasangan capres -cawapres nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf 10.750.568 suara.

"Perolehan suara di 27 kabupaten/kota di Jabar dipastikan tidak ada lagi selisih dan sudah kita sahkan, hanya tinggal penetapannya saja," kata Ketua KPU Jabar, Rifki Ali Mubarok usai rapat pleno, di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Senin (13/5/2019) malam.

BACA JUGA: Unggul di Jatim, Jokowi - Ma'ruf 65,7% Prabowo - Sandi 34,3%

Rifki menyebutkan, Prabowo-Sandi menang di 21 kabupaten/kota di Jabar, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kota Sukabumi, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Garut.

Kemudian di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi.

Selain itu, Prabowo - Sandiaga juga menang di Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, dan Kabupaten Bekasi.

"Sedangkan pasangan nomor urut 01 menang di Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon," ujar dia.

BACA JUGA: Jokowi-Ma’ruf Amin Menang Telak di Bali, Prabowo-Sandi hanya Raih 8,32%

Menurut dia, rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 tingkat Provinsi Jabar ini akan langsung diserahkan kepada KPU RI.

Hasil Pilpres 2019 di Provinsi Jabar tersebut tak jauh berbeda dengan Pilpres 2014 lalu. Saat itu, Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa juga menang telak atas Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Saat itu, Prabowo meraih 14.167.381 suara, sedangkan Jokowi 9.530.315 suara. Pasangan Prabowo-Hatta Rajasa menang di 22 kabupaten/kota, sedangkan Jokowi - JK hanya unggul di empat kabupaten kota.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal