Hasil Rapat Pleno Pilgub Jateng, Ganjar-Yasin Ungguli Sudirman-Ida

Kristadi, Sindonews ยท Minggu, 08 Juli 2018 - 21:21 WIB
Hasil Rapat Pleno Pilgub Jateng, Ganjar-Yasin Ungguli Sudirman-Ida

KPU Jateng menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pilgub Jateng 2018. (Foto: iNews.id/Kristadi)

SEMARANG - Pasangan Cagub-Cawagub Jateng nomor urut 1, Ganjar Pranowo-Taj Yasin mengungguli pasangan nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah dalam Pilgub Jateng 2018.

Sesuai hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di Kantor KPU Jateng, Ganjar-Yasin yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Demokrat, NasDem meraup 10.362.694 suara atau 58,78 persen, sedangkan Sudirman-Ida yang dijagokan oleh Partai Gerindra, PKB, PKS, PAN meraih 7.267.993 suara atau 41,22 persen. Namun demikian, hasil rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jateng mendapatkan catatan dari saksi paslon 1 maupun 2.

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengakui masih tingginya suara tidak sah yang mencapai 778.805 suara atau sekitar 4,23 persen menjadi persoalan atau catatan para saksi dalam rapat pleno rekapitulasi suara.

"Tadi, ada beberapa catatan dari para saksi, baik saksi paslon 1 dan 2 terkait tingginya surat suara tidak sah. Angkanya mencapai 4,23 persen dari total jumlah pemilih," ungkap Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, seusai rapat pleno, Minggu (8/7/2018).

BACA JUGA: Sudirman Said Laporkan Indikasi Kecurangan Pilgub Jateng ke Prabowo

Karena itu, kata dia, saksi kedua pasangan calon gubernur itu meminta KPU untuk mengevaluasi penyebab suara tidak sah tersebut apakah faktor kesengajaan atau ada masalah lain. “Saya kira masukan ini cukup bagus. Kita akan evaluasi lagi nanti,” ucapnya.

Rekapitulasi hasil penghitungan suara ini diakhiri dengan penandatanganan kedua saksi pasangan cagub-cawagub. KPU Jawa Tengah memberi waktu 3 kali 24 jam untuk menetapkan Cagub-Cawagub Jateng terpilih.


Editor : Kastolani Marzuki