Menteri Agama Era Gus Dur dan Mustasyar PBNU KH Tolchah Hasan Wafat

Ihya' Ulumuddin ยท Rabu, 29 Mei 2019 - 16:34 WIB
Menteri Agama Era Gus Dur dan Mustasyar PBNU KH Tolchah Hasan Wafat

Menteri Agama era Gus Dur yang juga Mustasyar PBNU KH Tolchah Hasan wafat. (Foto: istimewa)

SURABAYA, iNews.idInnalilillahi wa Inna ilaihi raajiuun. Warga Nahdliyin dan bangsa Indonesia berduka atas wafatnya Mustasyar PBNU Prof Dr KH Tolchah Hasan.

Menteri Agama era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu wafat, Rabu (29/5/2019), sekitar pukul 14.10 WIB di Rumah Sakit (RS) Saiful Anwar Kota Malang, Jawa Timur, setelah menjalani perawatan selama kurang lebih satu bulan.  

Kabar wafatnya Kiai Tolchah ini langsung ramai di media sosial. Sejumlah grup WhatsApp menyampaikan duka, sekaligus doa bagi almarhum. “Satu lagi, ulama yang teduh dipanggil oleh Allah. Beliau tidak hanya ulama, tetapi juga tokoh dalam pendidikan. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun,” tulis salah satu akun Facebook Fauzan Mohammad.

Pada story Instagram putri KH Mustofa Bissi (Gus Mus), Ienas Tsuroiya juga menulis hal sama, “Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun”. Dalam unggahan itu, Ienas juga menyertakan foto bergambar KH Tolchah Hasan lengkap dengan ungkapan duka.

“Kabar duka baru kami terima saking KH Marzuki Mustamar (Ketua PWNU Jatim) bahwa KH Tolchah Hasan baru saja kapundut (wafat). Moha Allah berikan tempat terbaik di sisi-Nya, amin.”    

Wakil Sekretaris PWNU Jawa Timur, Hasan Ubaidillah membenarkan kabar tersebut. Sekitar pukul 15.00 WIB, jamiyah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur mendapat kabar dari keluarga Kiai Tolchah.

“Iya benar (KH Tolchah Hasan wafat). Pihak Syuriyah dan Tandziyah mendapat kabar dan sudah mengonfirmasi,” katanya, Rabu (29/5/2019).

Menurut Gus Ubed, kabar ini tidak hanya menjadi duka bagi warga NU dan umat Islam. Tetapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia. Ini tak lain karena kiprah dan jasa perjuangan Kiai Tolchah yang begitu besar bagi bangsa Indonesia, terutama di bidang pendidikan.


Editor : Kastolani Marzuki