Wings Air Rute Jayapura-Nabire Gagal Terbang akibat Insiden Ini

Chanry Andrew Suripatty ยท Jumat, 09 November 2018 - 23:11 WIB
Wings Air Rute Jayapura-Nabire Gagal Terbang akibat Insiden Ini

Pesawat Wings Air rute Jayapura-Nabire gagal berangkat akibat mengalami insiden pintu pesawat rusak. (Foto: Dok.iNews.id)

JAYAPURA, iNews.id - Pesawat Wings Air (Group Lion Air) dengan nomor penerbangan IW 1625, rute Jayapura-Nabire gagal terbang setelah terjadi insiden. Pilot pesawat tersebut terpaksa memutuskan kembali ke Bandara Sentani Jayapura setelah sempat terbang selama 15 menit lantaran pintu pesawat mengalami kerusakan.

Kepala Otoritas Bandara Sentani, Jayapura, Anthonius Widyo Praptono membenarkan adanya RTB pesawat Wings Air rute Sentani (Jayapura) tujuan Nabire, Jumat (9/11/2018) siang tadi.

"Ya betul, yang RTB tadi, tadi jam, berangkat dari sini (Bandara Sentani) jam 12.50 WIT ke Nabire terus kembali lagi kesini jam 13.25. Ada alasan teknis, jadi ada masalah pada pintu kelihatannya, yang tadi informasi dari petugas Wings Air itu masalah pada pintu tanpa merinci pintu bagian mana yang mengalami kerusakan," ungkap Anthonius Widyo Praptono.

Setelah tiba di Bandara Sentani, menurut Anthonius, pesawat langsung ditangani mekanik Lion air dan rencananya kembali diberangkatkan pada Sabtu (10/11/2018) besok. "Seluruh penumpang dalam keadaan sehat dan tidak ada masalah, hari ini masih dilakukan maintenance oleh pihak mekanik Lion air, rencana akan kembali diberangkatkan pada esok hari,"kata Antonius.

BACA JUGA:

Terbang 15 Menit, Wings Air Kembali ke Bandara akibat Pintu Rusak

Lion Air Tabrak Tiang di Bandara Bengkulu, Ratusan Penumpang Telantar

Humas Lion Air Group Bandara Sentani,  Jayapura, Agung, yang dihubungi melalui telepon seluler mengaku dirinya belum mendapatkan informasi terkait adanya RTB pesawat Wings Air ke Bandara Sentani. "Saya masih di Timika, saya belum dapat informasi, saya masih di luar kota" ungkap Agung singkat.

Insiden kerusakan pintu pesawat itu diungkapkan salah seorang penumpang pesawat tersebut, Yulianus Dwa. Dia kemudian mengunggah video pesawat yang dinaikinya ke media sosial dan viral.

Yulianus bersama seluruh penumpang mengaku bersyukur karena bisa selamat dalam penerbangan tersebut. "Trima Kasih Tuhan Buat Keselamatan yg Tuhan Ijinkan Terjadi dlm Hidup Ku Setelah Puluhan Kali Naik Pesawat Pertama Kali Dalam Hidup. Pesawat Sdh 15 Menit di Udara Harus Balik Balik Kembali Mendarat di Bandara Sentani krn Alasan Kondisi Pesawat. Pesawat WINGS AIR/ LION GROUP, Sdh Waktunya Pemerintah Mengevaluasi Perusahan Penerbangan LION AIR Rute Jayapura - Nabire Hari Ini 09 Nov 2018," ungkap Yulianus dalam akun Facebook miliknya disertai beberapa foto di dalam pesawat, Jumat (9/11/2018).



Editor : Kastolani Marzuki