Ma'ruf Amin Minta Warga Nahdliyin Waspadai Paham Menyimpang

Kastolani ยท Kamis, 14 Maret 2019 - 19:30 WIB
Ma'ruf Amin Minta Warga Nahdliyin Waspadai Paham Menyimpang

Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin mengingatkan bahaya paham menyimpang yang bisa merobek-robek akidah Aswaja dan bangsa. (Foto: Dok.iNews.id)

CILEGON, iNews.id – Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengingatkan warga Nahdliyin untuk mewaspadai munculnya paham-paham yang menyimpang karena tafsir jalan lain.

Tafsir jalan lain merupakan plesetan atau sindiran untuk kelompok yang menafsirkan agama tanpa dasar. Berbeda dengan ulama dahulu yang menafsirkan agama dengan merujuk kepada kitab Tafsir Jalalain karya Jalaludin As Suyuthi atau kitab tafsir sejenisnya.

“Sekarang sudah banyak faham-faham yang menyimpang, banyak cara berfikir yang menyimpang, banyak juga tafsir-tafsir yang menyimpang. Kalau dulu kita diajarkan oleh para ulama Tafsir Jalalain, sekarang banyak yang memberi tafsir Jalan Lain,” kata Ma’ruf Amin dalam tausiahnya di hadapan warga Nahdlatul Ulama di Cilegon, Banten, Kamis (14/3/2019).

BACA JUGA: Jelang Debat, Ma'ruf Amin Dapat Dukungan dari Tokoh dan Ulama Banten

Mantan Rais ‘Aam PBNU ini menuturkan, Islam Indonesia adalah Islam yang berhaluan akidah Ahlussunah wal Jama’ah (Aswaja) yang sudah dianut sejak Walisongo. Islam model ini, kata Ma’ruf, adalah Islam yang ramah dan santun. Karena itu, Ma’ruf tidak ingin metode dakwah Aswaja dirusak oleh penafsir jalan lain.

“Jangan sampai Islam Indonesia yang Ahlusunnah wal Jama’ah ini dirobek-robek, dirusak-rusak, oleh kelompok penafsir jalan lain,” tandas Kiai Ma'ruf.

 


Editor : Kastolani Marzuki