Ucapkan Selamat Hari Guru, Jokowi: Guru Layak Dapat Penghargaan Besar

Antara ยท Minggu, 25 November 2018 - 21:55 WIB
Ucapkan Selamat Hari Guru, Jokowi: Guru Layak Dapat Penghargaan Besar

Presiden Joko Widodo berdialog dengan sejumlah warga saat menghadiri penyerahan Surat Keputusan (SK) perhutanan sosial di taman hutan wisata punti kayu Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/11/2018). (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Guru kepada semua guru yang bertugas di berbagai pelosok di Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke.

Presiden mengatakan, guru adalah sosok yang selalu membangkitkan inspirasi dan penuh pengabdian kepada para murid dan dunia pendidikan.

"Hari ini adalah Hari Guru. Saya ingin mengucapkan selamat Hari Guru kepada seluruh guru dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah penyerahan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial di Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (25/11/2018) sore.

Menurut Jokowi, tugas para guru mentransfer ilmu pengetahuan kepada para anak didik, layak mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang besar. "Guru adalah pembangkit inspirasi, memberikan ilmu kepada kita, membimbing anak-anak kita, membimbing kita semua agar kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya yang ada," kata Jokowi.

Presiden Jokowi tidak mengelak betapa besar peran guru sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Tanah Air. "Sekali lagi, saya mengucapkan selamat Hari Guru," kata Kepala Negara.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Rajo Balaq di Palembang

Hari Guru diperingati setiap tahun pada 25 November. Hari Guru Nasional ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Sebelum penyerahan SK Perhutanan Sosial, Presiden Jokowi meladeni keinginan warga Palembang berswafoto seusai menghadiri acara di Palembang Sport Convention Center, yang berada di kompleks Mal Palembang Icon. Ratusan warga berkerumun di depan plaza Mal Palembang Icon atau persis di depan deretan parkir kendaraan rombongan Presiden.

Jokowi yang berada di dalam mobil tampak memberikan kesempatan ke warga yang ingin berfoto dengan dirinya. Satu lambaian tangannya menjadi pertanda izin bagi yang ingin berfoto. Dengan sigap, petugas Paspampres mengantarkan warga yang dipanggilnya itu. Petugas berupaya menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif karena puluhan warga mulai merangsek mendekat.



Editor : Kastolani Marzuki