Hujan Deras 2 Hari, Rumah Nenek 80 Tahun di Kulonprogo Ambruk

Kuntadi ยท Jumat, 30 November 2018 - 13:12 WIB
Hujan Deras 2 Hari, Rumah Nenek 80 Tahun di Kulonprogo Ambruk

Rumah Poniyem (80) yang ambruk usai diguyur hujan deras di Dukuh Salam, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang Kamis (29/11/2018) kemarin menyebabkan satu rumah milik warga Dukuh Salam, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kulonprogo, roboh. Beruntung saat kejadian pemilik rumah sedang tidak berada di tempat. Hujan deras juga menyebabkan pohon tumbang yang mengenai rumah warga di Kecamatan Nanggulan.

Rumah yang roboh ini selama ini menjadi tempat tinggal Poniyem (80) sendiri. Anak dan cucunya sudah membuat rumah di samping rumah korban yang ambruk. Saat kejadian hujan baru saja mereda. Sebelumnya sejak Rabu (28/11/2018) malam, hujan mengguyur wilayah Kulonprogo.

"Rumah itu roboh bukan karena bencana tetapi kondisinya memang sudah lapuk," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, Ariyadi, Jumat (30/11/2018).

Menurut Ariyadi, sebelum rumah ini roboh, warga berencana merenovasinya melalui program bedah rumah. Namun belum sempat dibedah, rumah tersebut sudah roboh terlebih dulu karena lebatnya guyuran hujan. “Rencana itu akan dibeda rumah, malah roboh duluan,” jelasnya.

Pascakejadian, warga langsung bergotong royong membersihkan material rumah. Sedangkan korban terpaksa menumpang di rumah anaknya. Pemerintah juga sudah mneyalurkan bantuan logistik kepada korban. “Sudah tertangani dan bantuan juga sudah disalurkan,” ucap Camat Sentolo, Widodo.

Sementara itu, anak korban Samidi mengatakan, bagian atap rumah yang ditinggali ibunya memang kondisi rusuknya sudah tidak layak. Rencananya dia akan memperbaiki dan mengganti kayu yang lapuk. Namun hujan deras yang mengguyur kawasan ini dalam beberapa hari membuat atap tidak kuat menahan beban, hingga akhirnya ambruk. “Besok Minggu sebenarnya akan saya ganti uruk (rusuk), tetapi malah ambruk lebih dulu,” katanya.

Hujan deras yang mengguyur Kulonprogo juga menyebabkan pohon di Jatisarono, Nanggulan, tumbang. Pohon tersebut tumbang dan menimpa kandang ternak dan sebuah rumah yang langsung rusak cukup parah.


Editor : Himas Puspito Putra