Tanah Longsor Landa 9 Titik di Kulonprogo, 2 Rumah Warga Rusak

Kuntadi ยท Rabu, 28 November 2018 - 09:56 WIB
Tanah Longsor Landa 9 Titik di Kulonprogo, 2 Rumah Warga Rusak

Tanah longsor menerjang rumah warga di Kulonprogo. (Foto: Dok. BPBD Kulonprogo)

KULONPROGO, iNews.id – Hujan deras yang mengguyur Perbukitan Menoreh menyebabkan bencana tanah longsor di sejumlah titik yang tersebar di Kecamatan Kokap dan Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (27/11/2018) malam. Setidaknya ada dua rumah milik warga yang rusak tertimpa material longsoran tebing perbukitan. Selain itu, longsor juga menutup jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

“Kami masih lakukan assessment, data itu belum lengkap. Tetapi memang ada beberapa titik kejadian,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, Ariyadi, Rabu (28/11/2018) pagi.

Menurutnya, hujan yang mengguyur Kulonprogo sepanjang Selasa siang hingga malam intensitasnya cukup tinggi. Hal ini membuat kawasan perbukitan Menoreh yang selama ini cukup labil dilanda tanah longsor.



“Apalagi saat ini sedang dalam masa perpindahan dari musim kemarau ke penghujan. Sehingga kondisi tanah akan semakin rawan longsor ketika terkena guyuran hujan dengan intensitas tinggi,” katanya.

Di Kecamatan Kokap, longsoran terjadi di Dukuh Sermo Lor Desa Hargowilis, tebing yang longsor menutup jalan. Begitu juga di Dukuh Nganti, Desa Hargotirto. Sementara di Dukuh Tangkisan II Desa Hargomulyo, material tebing longsor menutup jalan dan tidak bisa dilalui semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Sementara di Kecamatan Samigaluh, di Dukuh Pucung, Desa Sidoharjo ada dua titik longsoran. Di RT 14 Pucung material tanah menutup jalan. Sedangkan di RT 84 longsor mengerus jalan dan membuat akses jalan terputus. Longsoran juga mengenai rumah Sukiran warga Klendrekan Desa Banjarsari dan rumah Legiman di Canden, Desa Ngargosari,” ucap Ariyadi.

Dia menambahkan, di Samigaluh juga ada dua akses jalan yang terancam longsor, yakni di Suren Samigaluh, dan di Jalan Plono-Nglinggo arah kebun teh. “Kami sudah terjunkan tim dan relawan untuk melakukan penanganan di lapangan,” ucapnya.

Sebelumnya dikabarkan, longsor sudah terjadi pada Senin (26/11/2018) dan mengancam rumah warga di Mangemalang Desa Gerbosari Samigaluh dan di Ngemplak, Pagerharjo, Samigaluh.


Editor : Himas Puspito Putra