10 Cara Menarik Pelanggan agar Membeli Produk Kita, Pebisnis Pemula Wajib Simak!
JAKARTA, iNews.id - Cara menarik pelanggan agar membeli produk kita terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, teknik pemasaran terus berkembang dan dinamis seiring dengan berjalannya waktu.
Apabila taktik lawas untuk menarik pelanggan dilakukan hanya dengan memberi diskon, maka hal itu tentu sudah tidak relevan di zaman sekarang. Kecanggihan teknologi dan globalisasi membuat persaingan semakin ketat, sehingga teknik marketing jitu terus bermunculan.
Pelanggan di era ini pun terus dihadapkan dengan puluhan, ratusan, bahkan jutaan produk yang memiliki keunggulan masing-masing. Oleh sebab itu, pebisnis harus dapat beradaptasi dengan hal tersebut agar bisnis yang dijalankan terus berkembang.
Adapun 10 teknik pemasaran untuk menarik pelanggan, seperti dikutip iNews.id dari situs Forbes pada Kamis (20/7/2023) adalah sebagai berikut.
Sebagai pemilik bisnis, menjaga pelanggan setia sambil menarik pelanggan baru harus benar-benar dilakukan. Dalam hal ini, Anda bisa membuat program tertentu yang menawarkan manfaat khusus bagi pelanggan.
Program tersebut bisa berupa pemberian diskon pembelian atau penukaran poin untuk mendapat hadiah tertentu. Dengan demikian, calon konsumen akan tertarik berlangganan di toko Anda agar mendapatkan keistimewaan yang ditawarkan.
Menggabungkan produk baru dengan koleksi terlaris sambil menawarkan sedikit diskon harga produk adalah taktik hebat lainnya. Hal ini memungkinkan Anda menjual produk baru dengan mengandalkan reputasi dari produk lama.
Pelanggan pun akan terdorong untuk membeli produk baru tersebut. Apabila merasa cocok, maka pembelian selanjutnya bukan tidak mungkin akan terjadi.
Email adalah salah satu jalur yang cepat untuk dapat terhubung langsung ke pelanggan. Saat email pelanggan terdaftar di situs toko Anda, maka sudah saatnya untuk menyapa sekaligus memberikan diskon atas produk tertentu.
Dengan demikian, Anda dapat menarik pelanggan baru. Selanjutnya, kirimkan berbagai tawaran menarik secara rutin ke alamat email yang terdaftar atas nama pelanggan tersebut.
Pemasaran konten bisa dilakukan di manapun, tak terkecuali media sosial. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki akun media sosial di semua platform atas nama toko Anda.
Dalam hal ini, mulailah dengan tempat yang paling sering dikunjungi audiens target Anda, lalu perluas ke platform lain. Anda bisa memberikan informasi produk sampai kode voucher khusus kepada pelanggan melalui akun media sosial.
Iklan dengan target audiens tertentu dianggap sebagai salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif. Pasalnya, sebaran iklan tersebut dapat diperoleh dalam angka yang pasti.
Jika cara ini masih awam, mulailah dengan menunjukkan produk baru Anda kepada target audiens. Ketika sering muncul di sejumlah platform media sosial, brand yang Anda bangun akan semakin mudah diingat pelanggan.
Testimoni pelanggan adalah salah satu cara paling handal untuk menjangkau calon pembeli yang masih ragu-ragu. Ulasan positif dari konsumen dapat menunjukkan bahwa toko atau brand Anda memiliki reputasi baik dan kualitas yang sesuai dengan standar konsumen.
Oleh sebab itu, unggah ulasan tersebut secara terus-menerus di media sosial. Sebaliknya saat menerima ulasan negatif, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menanggapinya dengan bijaksana dan tetap menampilkan keunggulan produk.
Saat ini, pengaruh dari influencer memang diakui cukup jitu dalam pemasaran produk secara digital. Pasalnya, banyak orang yang selalu mengacu pada influencer sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.
Namun jika memutuskan untuk berkolaborasi dengan influencer, pilih influencer yang memiliki konsep yang sama dengan jenis bisnis Anda. Cara ini juga dapat meningkatkan brand awareness pada penggemar si influencer yang sebelumnya belum mengetahui toko atau brand milikmu.
Banyak pebisnis sangat tertarik untuk mendapatkan pelanggan baru sehingga mereka mengabaikan pelanggan setia. Padahal, pelanggan setia justru harus lebih diprioritaskan.
Dalam hal ini, tawarkan sejumlah promosi, diskon harga, atau membuat produk baru berdasarkan permintaan pelanggan setia. Tujuannya adalah untuk mempertahankan pelanggan dan menjaganya tetap membeli secara berulang produk Anda.
Pertimbangkan untuk menjalankan program giveaway untuk menarik pelanggan baru. Dalam hal ini, publik akan terdorong untuk mengetahui produk Anda demi mengikuti giveaway.
Buat pesan email otomatis yang memberi tahu pembeli jika mereka meninggalkan sesuatu di keranjang mereka untuk jangka waktu tertentu. Pasalnya, beberapa orang biasanya lupa bahwa mereka belum menyelesaikan pembelian.
Itulah sejumlah cara menarik pelanggan agar membeli produk kita. Anda bisa mempraktikkan teknik di atas sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.
Editor: Komaruddin Bagja