10 Maskapai Terbaik dan Terburuk di Dunia 2018, Nomor 4 dari ASEAN
JAKARTA, iNews.id – Industri penerbangan selama ini dikenal memiliki aturan yang kaku (high regulated), kompetisi yang ketat (high competition), dan margin keuntungan yang tipis (low profit margin).
Maskapai penerbangan juga menjadi satu-satunya moda transportasi yang selalu dinilai setiap tahun oleh berbagai lembaga dari sisi keamanan, ketepatan waktu, kenyamanan, dan lain-lain. AirHelp, perusahaan startup yang mengadvokasi para pelancong supaya hak-haknya terpenuhi merilis kinerja maskapai penerbangan di seluruh dunia.
Dilansir Business Insider, Sabtu (9/6/2018), ada 72 perusahaan maskapai yang dinilai berdasarkan empat indikator yaitu ketepatan waktu, kualitas pelayanan, penanganan klaim, dan sentimen di media sosial. Qatar Airways menjadi juara pertama sebagai maskapai terbaik dengan skor 9,08 dengan rincian skor ketepatan waktu 8,9, kualitas pelayanan 9,5, dan penanganan klaim 8,9. Sementara maskapai asal Indonesia tidak masuk dalam daftar yang dinilai oleh AirHelp.
Berikut 10 maskapai penerbangan terbaik dan terburuk di dunia tahun 2018 versi AirHelp:
Maskapai Terbaik
1. Qatar Airways (Qatar) Skor: 9,08
2. Lufthansa (Jerman) Skor: 8,57
3. Etihad Airways (UEA) Skor: 8,43
4. Singapore Airlines (Singapura) Skor: 8,33
5. South African Airways (Afrika Selatan) Skor: 8,31
6. Austrian Airlines (Austria) Skor: 8,29
7. Aegean Airlines (Yunani) Skor: 8,19
8. Qantas (Australia) Skor: 8,12
9. Air Malta (Malta) Skor: 8,09
10. Virgin Atlantic (Inggris) Skor: 8,04
Maskapai Terburuk
63. Jet Airways (Islandia) Skor: 6,20
64. Aerolineas Argentina (Argentina) Skor: 6,20
65. Iberia (Spanyol) Skor: 6,13
66. Korean Air (Korea Selatan) Skor: 6,13
67. Ryanair (Irlandia) Skor: 6,03
68. Air Mauritius (Mauritius) Skor: 5,99
69. EasyJet (Inggris) Skor: 5,66
70. Pakistan International Airlines (Pakistan) Skor: 5,43
71. Royal Jordanian Airlines (Yordania) Skor: 5,13
72. WOW Air (Islandia) Skor: 5,04
Editor: Rahmat Fiansyah