10 Perusahaan dengan Karyawan Paling Bahagia, Ini Alasannya
NEW YORK, iNews.id - Situs ulasan perusahaan Comparably baru saja merilis 10 perusahaan dengan karyawan paling bahagia pada tahun ini. Perusahaan yang berada di peringkat pertama adalah Adobe.
Adapun pemeringkatan tahunan ini mempertimbangkan 70.000 perusahaan Amerika Serikat (AS) dan mengindentifikasi di mana pekerja paling puas dengan aspek terkait lingkungan kerja, gaji, tunjangan, dan tujuan perusahaan.
Dikutip dari CNBC, berikut 10 perusahaan besar dan teratas dengan 500 karyawan atau lebih yang memiliki karyawan paling bahagia pada 2021:
1. Adobe
CEO: Shantanu Narayen
Kantor pusat: San Jose, California
2. RingCentral
CEO: Vladimir Shmunis
Kantor Pusat: Belmont, California
3. Hubspot
CEO: Brian Halligan
Kantor Pusat: Cambridge, Massachusetts
4. Peloton
CEO: John Foley
Kantor Pusat: New York
5. Microsoft
CEO: Satya Nadella
Kantor Pusat: Redmond, Washington
6. Farmers Insurance
CEO: Jeff Dailey
Kantor Pusat: Woodland Hills, California
7. IBM
CEO: Arvind Krishna
Kantor Pusat: Armonk, New York
8. Medallia
CEO: Leslie Stretch
Kantor Pusat: San Francisco
9. Zoom Video Communications
CEO: Eric Yuan
Kantor Pusat: San Jose, California
10. Experian North America
CEO: Craig Boundy
Kantor Pusat: Costa Mesa, California
Pemeringkatan didasarkan pada peringkat karyawan anonim pada topik yang berkontribusi pada kebahagiaan secara keseluruhan di tempat kerja, yang diajukan ke Comparably selama periode 12 bulan, mulai September 2020 hingga September 2021. Beberapa pertanyaan yang diajukan untuk analisis data, seperti:
Peringkat nomor 1 Adobe melengserkan Zoom selama dua tahun sebagai perusahaan dengan karyawan paling bahagia pada 2019 dan 2020, dan perusahaan konferensi video tersebut turun ke posisi kesembilan tahun ini. Tetapi CEO Comparably Jason Nazar mengatakan, skor yang berbeda di antara 10 perusahaan teratas dapat diabaikan dan berdasarkan pada puluhan ribu poin data, di mana dia menyamakannya dengan skor 99 pada tes dari 100.
Apa yang menonjol tentang ulasan Adobe, kata Nazar, adalah umpan balik positif dari berbagai departemen, termasuk produk, pemasaran, desain, penjualan, dan karyawan teknik yang menilai perusahaan sangat tinggi berdasarkan faktor yang menunjukkan budaya yang menguntungkan dan lingkungan yang mendukung.
Chief People Officer Adobe Gloria Chen mengatakan, perusahaan mengukur sentimen karyawan selama pandemi melalui survei, pertemuan semua pihak perusahaan, dan focus group untuk lebih memahami tantangan bekerja dalam melalui pandemi Covid, dan mengusulkan solusi untuk memenuhi kebutuhan yang berubah.
Adobe memberikan hari libur bulanan, 20 hari libur baru yang dibayar setiap tahun untuk karyawan yang terkena dampak langsung oleh peristiwa penting seperti pandemi atau bencana alam, jadwal kerja yang fleksibel untuk mengakomodasi tanggung jawab pengasuhan, dan meningkatkan penggantian biaya kesehatan menjadi 600 dolar AS per tahun. Perusahaan juga memprioritaskan membangun komunitas dan tetap terhubung saat terpisah, seperti ada coffee break dua mingguan dan acara keragaman serta inklusi tahunan.
"Kami beruntung memiliki karyawan tulus, yang berinvestasi dalam budaya dan komunitas kami, dan banyak dari inisiatif terbaik kami adalah inisiatif yang didorong oleh karyawan itu sendiri," kata Chen.
Setelah pandemi mereda, Chen menuturkan, pengaturan kerja untuk semua karyawan akan fleksibel. Artinya, karyawan Adobe akan memiliki opsi untuk bekerja dari rumah dengan alasan masuk akal bagi mereka, tim, dan bisnis.
Dia mengatakan, karyawan menciptakan model kerja masa depan Adobe melalui serangkaian survei global, focus group, lokakarya, dan sesi kerja. Saat ini, beberapa kantor Adobe buka dengan kapasitas terbatas, di mana karyawan kembali bekerja di kantor secara sukarela.
Editor: Jujuk Ernawati