173.329 Peserta Lolos Selesi PPPK Guru, BKN Segera Tetapkan NIP Jika Tak Ada Sanggahan

Dita Angga ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 13:25:00 WIB
173.329 Peserta Lolos Selesi PPPK Guru, BKN Segera Tetapkan NIP Jika Tak Ada Sanggahan
Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru, di Bangka. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan sebanyak 173.329 peserta dinyatakan lolos seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Jika tidak ada sanggahan atau masalah, BKN akan segera menetapkan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi 173.000 PPK Guru yang lolos seleksi tahap I.  

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan penetapan NIP tidak akan menunggu seluruh tahapan seleksi PPPK Guru selesai. Pasalnya seleksi PPPK guru tahun ini dilakukan sebanyak tiga kali.

“Kalau tidak ada sanggahan atau masalah, BKN akan menetapkan NIP PPPK Guru bagi mereka yang sudah dinyatakan lulus tahapan pertama. Jadi kami tidak menunggu seluruh tahapan sampai selesai. Yang lulus tahapan pertama ini akan kami tetapkan nomor induk PPPKnya,” katanya dalam konferensi persnya, Jumat (8/10/2021).

Bima mengungkapkan, dalam memproses NIP tersebut akan membutuhkan waktu karena jumlah peserta yang lulus begitu banyak. Di sisi lain pemerintah daerah juga perlu mengusulkan nama-nama yang akan diberikan NIP.

“Secara administrasi juga membutuhkan waktu karena jumlahnya besar sekali. Dan pemerintah daerah yang memiliki formasi itu perlu mengusulkan ke BKN nama-nama yang akan dimintai untuk ditetapkan NIP PPPK guru,” tutur Bima.

Seperti diketahui, BKN telah mengumumkan hasil seleksi PPPK Guru tahap I, pada hari ini, pukul 12.00 WIB. Bagi peserta yang tidak lolos diberi waktu tiga hari untuk menyampaikan sanggahan terhadap hasil seleksi tersebut.

“Setelah  pengumuman itu para peserta boleh melakukan sanggah terhadap hasil kalau mereka merasa bahwa nilai nilainya tidak sesuai apa yang mereka dapatkan. Jadi ada masa sanggah peserta,” ujar Bima. 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda