Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : LRT Jabodebek Layani 5.000 Penumpang pada Hari Perdana Beroperasi
Advertisement . Scroll to see content

2 Hari Beroperasi, LRT Jabodebek Layani 28.925 Penumpang

Rabu, 30 Agustus 2023 - 13:10:00 WIB
2 Hari Beroperasi, LRT Jabodebek Layani 28.925 Penumpang
Penumpang LRT Kabodebek membludak di hari ke-2, Selasa (29/8/2023), setelah resmi beroperasi. (Foto: MPI/Heri Purnomo)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengumumkan LRT Jabodebek telah melayani 28.925 penumpang selama 2 hari beroperasi, yakni pada Senin (28/8/2023) dan Selasa (29/8/2023). 

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan volume penumpang LRT Jabodebek pada Senin (28/9/2023) sebanyak 5.220 orang, sedangkan pada Selasa (29/9/2023) sebanyak 23.705 orang. Adapun stasiun LRT yang paling banyak melayani penumpang, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Cawang, dan Kuningan.

“KAI mengapresiasi minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap transportasi massal LRT Jabodebek. Hal ini tentu akan semakin mendorong KAI dan stakeholder untuk terus membenahi layanan LRT Jabodebek di berbagai sisi,” kata Joni, dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023). 

Saat ini, lanjutnya, terdapat 158 perjalanan LRT Jabodebek yang dilayani oleh 12 rangkaian kereta setiap harinya. Joni menambahkan, bahwa target Program dengan 27 Train Set dapat melayani 137.000 penumpang dalam satu hari, namun saat ini baru bisa dioperasikan sebanyak 12 Train Set dengan kapasitas 40 - 45 ribu penumpang per hari. 

Dia mengungkapkan, target ini tentunya akan terus ditinjau  dan dievaluasi lagi bersama-sama dengan pemerintah. Jika nanti jumlah penumpangnya sudah cukup banyak dan mulai menunjukkan demand yang sangat tinggi, pihaknya akan mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk menambah rangkaian kereta dan perjalanan.

Adapuj terkait dengan adanya kekurangnyamanan yang dialami penumpang, seperti proses pengereman yang masih ada hentakan, terjadinya penumpukan penumpang karena ada kendala teknis seperti pintu kereta tidak dapat tertutup, AC dan listrik mati serta beberapa fasilitas papan informasi yang belum berfungsi secara maksimal. 

"KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. KAI berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanannya," kata tutur Joni. 

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut